Suit.. suit.. mu, membakar hatiku

"baru kali ini disuitin orang dan ngrasa luar biasa tersinggung.. Kok brani2nya segerombolan CS nyuitin pegawai? Apa krn pas ga pke nametag? Seharusnya kan mreka ga berani.. Kemana wibawaku? :( " (titis)

Titis ini adik kelas saya, yang juga bekerja sebagai pegawai di jakarta. Dan tulisan di atas adalah status facebooknya hari ini, yang ditulis dengan berapi-api, penuh luapan ungkapan kemarahan. Buset dah..cewek kok digodain ngamuk..bersyukur neng, bersyukur..

Respon saya ini langsung ditanggapi oleh teman kantor saya, sofi.

"ya iyalah tersinggung kak...cewek manapun kalau digodain kayak gitu pasti tersinggung, emangnya kita cewek murahan digodain dengan cara seperti itu!"

" lah...kok lu ikutan emosi?"

" iyalah!! omonganmu itu lho..bikin sebel. Pikirin dulu perasaan dia sebelum ngomentarin kan."


Lah..kok ikutan ngambek. Maksud saya itu, kalau ada cowok nggodain kamu berarti dia menganggap kamu layak digodain kan? Kan kalau seorang cewek dianggap layak digodain, berarti dia dianggap menarik. Coba pikir, ngga ada kan orang yang nyuitin nenek-nenek? Gue hanya hormat sama nenek-nenek, tapi ngga bakal tertarik.


Jadi ingat pernah ada beberapa cewek yang gue godain semuanya, kecuali satu orang, males banget gue godainnya. Entah kenapa ngga niat banget. Lama-lama karena merasa dicuekin, dia mancing biar digodain, lah..malah bikin tambah males kan cewek kayak gitu. Udah ngga menarik buat digodain, ngelunjak lagi beraninya mancing-mancing..cuekin aja anggap ngga ada, toh temen-temennya bikin gue lupa ada dia.

akhirnya dia cuma diem, ampe gue mau pulang, gue pamitin semua termasuk tu anak. Bujug, diceukin ganti, kayaknya tersinggung banget.

hahaha...meski emang kayaknya tuh cs emang kurang ajar, ngapain direspon dengan ngamuk sih..di satu sisi emang tu orang ngga tahu aturan dan harus dikasih pelajaran biar agak sopan dikit, tapi kan disisi yang lain bersyukur dong..ada yang masih mau godain. Mungkin di dunia ini ada orang yang seumur hidupnya hanya berharap ada cowok yang mau godain dia, sekaliiii aja.....

kasian banget yak...

Ya ngga?

Masalahnya seperti setiap hal, kita tuh selalu melihat sesuatu dari sisi jeleknya, jeleknya dan jeleknya. Ngga pernah kita lihat, bagusnya dulu apa aja ampe mentok ngga ada bagusnya lagi, nah..baru deh jeleknya apaan? Kita tuh selalu mikir apa sih yang ngga kita miliki dan apa sih yang orang lain ngga miliki.

Contohnya kayak gitu tuh, temen saya itu mikir kalau tuh gerombolan cleaning service "ngga punya" sopan santun kok berani nyuitin dia, apa dia "ngga punya" wibawa sebagai pegawai.

Coba dibalik, gerombolan CS itu "punya" keberanian juga ya nyuitin dia, kan kalau disuitin berarti dia "punya" daya tarik. Tapi biar berani, kurang ajar juga sih...kan seharusnya melihat wibawa yang "dia miliki" sebagai pegawai, mereka ngga bersikap gitu.

Nah, enakan yang mana coba? Cara pikir yang pertama apa yang kedua?

Yoi jek! Yang kedua emang lebih asoy..


Setidaknya sambil mikir "eh, gue menarik lho..eh, gue keren lohhh...eh, gue ini ternyata cakep lohhhh....kan disuitin.", emosi kita bakal berkurang. Kan susah mau bener-bener marah sambil ge-er, ya kagak tuh? Yang ada bukannya ngamuk, bisa-bisa kalau ngga ada orang dan lagi keingat hal itu, bisa bersemu merah tuh pipi.

Yah, memang mending ge-er ga jelas daripada bete ga jelas. Hahaha...

Tapi khusus buat bagian yang : "kan gue pegawai" itu. Yah, kenapa sih segala sesuatu yang dilakukan orang lain sama kita, disangkut-sangkutin sama status. Misalnya ada orang tua minta tolong dibawain barang belanjaannya, apa harus muncul di pikiran kita "kan gue pegawai kementerian keuangan nih...". Kalau ada cewek atau cowok yang naksir kita, lalu apa harus kita mikir "ah, pasti gara-gara gue pegawai kementerian keuangan nih..".

Emang ada sih orang-orang busuk yang mau berbuat sesuatu sama orang lain karena statusnya. Tapi yah, entah kenapa kupikir kalau kita berpikiran seperti itu, yang "kan gue pegawai.." saat itu juga kita udah jadi sama busuknya dengan mereka.

Buat titis misalnya baca ni tulisan :

Menurut gue mereka nyuitin lu cuma karena lu cewek. Dan karena lu cewek yang menarik. Udah.


Makassar, 18 Maret 2011

Tabah itu bikin kreatif

Kata teman saya alan, seperti apapun pasangan yang kita dapatkan nanti, pasti ada faedahnya (kayak barang aja, ber faedah).

"yang lu bilang itu mirip kayak kata socrates bro.. If you get a good wife, you'll become happy; if you get a bad one, you'll become a philosopher."

"Tapi gue ada istilah lain dolf.."

" apaan?"

" Pacar yang cakep akan membuat anda bersyukur setiap kali memandangnya, kalau pacar ngga cakep akan membuat anda semakin tabah dari hari ke hari"

Huahaha...emang agak sinting teman saya ini. Ya beginilah yang terjadi kalau sesama orang miring ngobrol ber jam-jam, ngelanturnya jadi parah banget. Tapi saya bener-bener ngga bisa bayangin bakal ada yang tega bilang begitu sama istrinya, misalnya si cowok tuh sedang ada masalah dan istrinya berusaha menghibur:

" yang tabah ya mas..masalah apapun pasti bisa diselesaikan kok.."

" gapapa dek, aku udah belajar tabah kok bertahun-tahun, sudah terlatih.."

" ??? "

" ya semenjak nikah sama kamu itu, tiap kali pulang kerja, lihat kamu yang..yang... yah, begitulah abang pasti langsung bilang dalam hati buat bersabar dan tabah..yah, emang rejekinya segini.."


Lalu suaminya dikutuk jadi batu kayak di tipi-tipi. (ini cerita suami durhaka atau malin kundang?)


Saya jadi ingat, dulu pernah ada seorang teman saya yang curhat di forum membolos bersama ( istilah bagi siswa-siswa sma saya yang sukanya sembunyi di belakang gedung aula sekolah, buat rokokan atau sekedar melepaskan kebosanan sejenak dari pelajaran di kelas). Sebut saja namanya bunga (tapi ingat, si bunga ini cowok lho ya..)

" gue bener-bener ngga tahan di rumah, nyokap bokap kerjanya berantem mulu tiap hari. Rasanya muak dan bosan, tapi gimana lagi..gue ga tahu harus pergi kemana. Rasanya berat banget hari-hari gue."

lalu teman saya yang lain ada yang nanggapin, sebut saja namanya Rian (bukan pembunuh berantai).

Rian : gue tahu perasaan lu bunga...dulu gue juga pernah merasa putus asa dan ngga betah dengan kenyataan, tapi gue bertahan dan gue semakin tabah sekarang. Setidaknya kita bisa menerima sesuatu dengan hati yang kokoh dan tidak terpatahkan, bunga..

bunga : apaan, rasanya hidup lu baik-baik aja..

rian : bener, keluarga gue baik, sekolah gue lancar, tapi lu lihat pacar gue (sambil nunjukin foto).

Si bunga terdiam sejenak, lalu tersenyum penuh pengertian.

Bunga : udah berapa lama bro?

rian : satu tahun..

bunga : yah, hidup itu emang harus dijalani dengan tabah ya bro..

Dan kami jadi bingung, harus ketawa atau ngasih tepuk tangan menyaksikan percakapan ini. Yang jelas dari kedua hal ini saya mengambil pelajaran bahwa semua hal itu emang ada positifnya. Bahkan juga untuk hal-hal yang membuat kita pengen menangis sambil guling-guling seperti anak kecil ngga dikasih permen sama mamanya.

Eh, tiba-tiba waktu itu si alan menoleh ke saya, "lu juga mau lihat bro?", katanya sambil ngasih foto.

" alamak jang......lu tabah bener lan..., pantesan jadi bijak lu belakangan ini, emang ketabahan itu mendekatkan kita sama Yang Maha Kuasa ya..semakin kita dekat, semakin kita dibukakan berbagai hikmat dan kebijaksanaan.."

alan : lu bener banget bro...tapi ngga cuma tambah bijak bro..

Gue : apaan lan?

alan : gue juga tambah romantis bro..sekarang gue sukanya candle light dinner

Gue : wow...

alan : kalau candle light kan remang-remang tuh...nah, itu dia. Kan kata orang bijak "orang yang buta lebih beruntung karena mereka tidak memilih pasangan berdasarkan kemolekannya", nah...kalau gelap-gelap kan sama aja setengah buta tuh..nah..

Saya ngga tega menuliskan lanjutannya. Mendengar itu entah saya harus terharu, ketawa, atau standing applouse, yang jelas saat itu saya cuma bengong.


Yang ketabahan memang bisa membuat kita jauh lebih bijak, ngga cuma bijak tapi juga lebih kreatif. Seperti yang dialami teman saya alan.

Tema Alam Semesta adalah Variasi

Dari dulu ampe sekarang nih, yang namanya adolf roben paling benci ama yang namanya upacara, apel pagi, apel siang, apel malam, dan sebagai-bagainya yang berhubungan dengan apel dan upacara. Kecuali apel pacar tentunya..

Soalnya nih, dari jaman saya masih makan es potong sampai sekarang tiap sabtu mengulum es krim magnum coklat yang berlapis tebal coklatnya, upacara tuh ya kayak gitu-gitu…mulu. Kagak ada variasinya! Bujubuneng…. orang aja bisa berevolusi dari monyet jadi manusia kata si darwin, lha kegiatan yang satu ini bener-bener ngga menerima sentuhan kreatifitas sama sekali kelihatannya.

Dulu saya pernah ngusulin sama guru SD saya, kenapa ngga sekali-sekali upacara itu diiringi pakai grup band pop atau pakai irama dangdut sekalian. Eh, bukannya dipuji, imajinasi saya yang kreatif ini malah dibilang menghina dan ngga menghormati “ke sakralan” upacara. Biyuh, sakral.. kayak keris aja di sakralin.

Lulus SMA, saya udah bernapas lega, eh kok begitu masuk kerja saya harus mengalami penyiksaan mental ini lagi. Tapi sekarang bukan berbentuk upacara (upacara mah cuma sekali setahun pas agustusan doang kayaknya), tapi berbentuk apel pagi, apel siang dan apel malam.

Sebagai panitia pelatihan pegawai, lha secara terpaksa saya juga harus mengikuti atau mengorganisir jalannya acara pelatihan dengan baik dan disiplin. Masalahnya salah satu program kedisiplinan, ya lewat apel tadi. Entah siapa yang awalnya punya ide kalau kedisiplinan bisa diukur dengan apel tepat waktu, saya kutuk jadi cakep seumur hidup orang itu beserta keturunannya tujuh turunan.

Nah malam ini pun sebenarnya saya harusnya mengadakan apel malam buat peserta pelatihan, tapi entah kenapa hati saya benar-benar sudah muak melihat orang berseragam berbaris ngga jelas mau ngapain, dengerin orang ngoceh kesana-kemari. Saya pun bilang sama ketuanya, “sstss….nih lembar absen, absenin aja gih semuanya, ngga usah apel kali ini, bosen gue lihat kalian baris.”

“beres pak!”

“sip!”

Emang gampang kok kerjasama dengan orang-orang yang udah didiplinkan ini. Lha disuruh baris ga jelas aja mau tuh, pokoknya nurut panitia toh.. Lha ini kan sama aja, tanda tangan ga jelas, pokok nurut panitia toh.. Nah, intinya sama aja kok, nurut aja deh..

Kan ini yang emang kita targetkan, membentuk orang-orang yang pintar, berkualitas, dan nurut-nurut. Kalau pintar dan ngga nurut kan bahaya..bisa menimbulkan masalah. Ya ngga? Ya ngga?

Yang njawab : “ya”, termasuk saya sendiri. Ya begitulah, gara-gara pemikiran kita yang kayak gini, pantesan peradaban kita jalan di tempat selama hampir satu abad ini.

Tema alam semesta adalah variasi, itu kata teman saya indri.

“tumben kalimat lu terasa keren ndri…”, kata saya dengan takjub. Biasanya dodol kok hari ini agak cerdas, saya jadi bertanya-tanya tadi teman saya ini sarapan apaan yak?

” iya dong….kan sarapan pisang, tiga biji lagi! hehehe..”, dan saya pun jadi ingat monyet.

Tapi bener juga lho…tema alam semesta adalah variasi. Segala sesuatu yang berubah itu bergerak, ngga ada yang jalan di tempat. Kalau ngga berubah-berubah, sebuah kehidupan bisa terancam mati. Buktinya dulu pernah ada teman saya yang pengen bunuh diri gara-gara nilainya ngga berubah-ubah, jelek mulu dari semester awal ampe mau lulus. Tapi jangan khawatir, ngga jadi bunuh diri kok.

Contoh lain, kalau misalnya bumi berhenti ber rotasi, itu artinya kiamat bukan? Yah, ngga kiamat sih, cuma makluk hidup pada mati aja.

Nah, itu dia..seperti semua hal di alam semesta, pemikiran dan kecerdasan juga harus terus bergerak, ngga boleh mandek di satu sisi atau satu hal saja. Untuk dapat bergerak, pikiran ngga boleh dikekang, apalagi dipolakan “nurut”, “nurut aja” dan “nurut aja”. Ya misalnya kayak upacara gini, kenapa sih ngga ada yang mempertanyakan, “buat apaan sih ni kegiatan?”
“buat melatih kedisiplinan diri”

–apa ngga ada jawaban lain?

“buat melatih jiwa korps”

– apa hubungannya jiwa korps sama upacara?

” kan kalau upacara dengan segala atribut korpsnya, membangkitkan kebanggan dalam diri seorang..”

– huilah, ribet! ngga ngerti gue dah.. lha kalau gue ngga bangga, gimana hayo..

” ya anda tak pecat!”

– ya udah, bangga aja deh..

Ya sudah, bangga deh bangga…Tapi tetap saya ngga suka sama upacara, apel dan semacamnya itu saudara.Pikiran dan pola pikir yang dibariskan seperti itu, ya menghasilkan orang-orang yang terpola. Lha orang-orang yang terpola kok disuruh merobak peradaban… huahahaha…makan tuh baris berbaris.

Huahaha...jepang kena tsunami.. :D

"huahaha...", kapalnya nabrak jembatan.
Itu kata orang disebelah kiri saya, waktu nonton berita tsunami jepang. Sebuah kalimat yang membuat saya seketika mengelus dada. Sebenarnya saya pun merasa kalau adegan kapal nabrak jembatan itu emang cukup lucu, tapi saya ngga sampai hati buat ngetawain.

Karena khawatir, saya pun buka facebook untuk mendapatkan berita terbaru dari beberapa teman saya yang ada di manado dan papua. Ternyata benar felling saya kalau facebook adalah media yang paling efektif buat memantau kondisi seperti ini, meskipun saya ngga habis pikir bagaimana bisa orang panik sempat-sempatnya update status, tapi ya..begitulah. Saya cukup lega dengan status teman-teman saya disana yang isinya, "lagi ngungsi ke tomohon, masih aman-aman tuh" dan berbagai status sejenis yang intinya mereka baik-baik saja.

Yah..buset, ada juga yang bikin status "semoga miyabi baik-baik saja".

Nyawa terancam pun masih sempat ngajak becanda, buset. Meski ada sedikit kecurigaan kalau kekahawatiran teman saya terhadap miyabi ini, beneran. Yah, prioritas nafsu sama nyawa emang kadang beda tipis kok, saya bisa mengerti itu.

"drrtt...drrtt....", huaaaa!!! Apa ini?? Gempa???
Oh, ngga dink.. Hape saya geter-geter, ada yang telpon.

"gimana sayang, disana ngga papa?" (mamah saya yang telpon)
" aman mah..makassar ngga kena kok.."
" oh, syukurlah..yang penting kamu ngga papa. Udah ya..pulsa mahal."

Bujug..kok ya masih ingat pulsa mahal. Tapi emang bener, yang penting udah tahu saya ngga papa kan? Selesai perkara, apaan yang mau ditanyakan lagi emangnya? Ngga ada kan? Masalah apakah manado, sulawesi utara, maluku utara, papua baik-baik saja, itu urusan belakangan kan?

Ke egoisan, itu emang kodrat manusia bung.. Kita ngga bisa hindari itu.

Dan kodrat itu yang saya jumpai di dunia maya kali ini, berulang-ulang kali. Terhampar di mata saya, status-status facebook berisikan doa untuk keselamatan pulaunya dan kotanya masing-masing, artis idolanya ( termasuk miyabi, sora aoi, reon kadena, udah ah, nanti ketahuan kalo saya apal artis jav, celakanya lagi kalau ditanya, lho kok bisa apal? Wah, mampus..susah jawabnya.)

Dan hal yang sama saya jumpai pada orang-orang yang awalnya saya anggap sangat religius, rajin ibadah,ngga pernah telat jamnya sembahyang,kuat apalan ayat-ayatnya,jenggot dipelihara, dan yang lain saya rasa ngga usah disebutin, ini bukan buat menydutkan siapapun kan? Tulisan ini saya buat hanya untuk bertanya kepada diri sendiri, dan mungkin juga buat bertanya kepada anda, kita mau intropeksi sedikit ngga dari hal ini?

Maaf, tapi kalimat yang saya dengar pertama-tama dari mereka adalah "untung makassar ngga kena..". Lalu yang paling lucu adalah ucapan yang keluar saat menonton rekaman tsunami jepang, "habis mereka tadi ngga jumat'an sih..hahaha..". Lucu, lucu, dan lucu sekali.

Mengingat kalau 2012 ada issue dunia kiamat, mungkin sebenarnya kiamat sudah dimulai dari sekarang. Bukan..bukan berbagai bencana itu yang mengambil kesimpulan. Buat saya, kiamat sesungguhnya akan terjadi saat kasih sudah ngga ada lagi di dunia.

Seseorang, yang dianggap nabi oleh sebuah keyakinan, dan Tuhan oleh keyakinan yang lain, dua ribu tahun lalu pernah berkata : Dasar dari semua hukum adalah, cintamu kepada Tuhan, dan cintamu kepada sesamamu manusia.

Mungkin anda dan saya bukan berasal dari keyakinan yang sama. Tapi saya mohon pikirkan ini, bahwa kalaupun kasih kepada sesama manusia ngga peduli apapun dan siapapun dia ngga pernah tercatat dalam kitab suci manapun, tidak tercatat sebagai perintah dari siapapun termasuk Tuhan, apakah anda, saudaraku yang sedang membaca ini tidak akan merasa kalau hal itu sesuatu yang benar untuk dilakukan?

Mungkin saya, akan berkata, itu benar. Itu benar terlepas dari kitab apa yang saya pegang, terlepas dari keyakinan apa yang saya anut, terlepas dari apa yang Tuhan saya perintahkan. Itu benar..dan benar..saat saya melihat ke dalam diri saya sendiri.

Hanya saja saya yang sering lupa, seberapa benarnya hal itu.

"mereka ngga jumat'an sih tadi..hahaha..", terngiang lagi di telinga saya. Seperti ada paku yang ditusuk-tusukkan di dada , dan saya hanya mengelus dada, pergi ke ruang kerja saya, dan mulai mengetik tulisan ini.


--Apa Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang kejam?
Mengingat segala kebaikanNya, rasanya jawabannya adalah : tidak..

Kita tidak kejam, hanya lupa seperti apa mulanya Tuhan menciptakan hati kita. Begitulah mungkin..saya juga ngga tahu pastinya..


makassar, 11-03-2011

Hey, I am a king

Salah satu cara terbaik untuk menjadikan diri orang hebat, adalah tidak memilih menjadi orang biasa-biasa saja. (arl)

“gue bukan siapa-siapa”, kata teman saya.

Yah, ngga salah sih kalimat itu menurut saya. Itu adalah tanda kerendahan hati, tapi maaf bagi yang tersinggung, menurut saya kerendahan hati hanya cocok dikenakan bagi orang-orang yang memang punya kelebihan. Kerendahan hati hanya cocok disandang oleh mereka yang memang hebat dan tinggi. Kalau yang mengucapkannya hanya orang rendah, maka dia ngga usah belajar rendah hati lagi, itu namanya menerima kenyataan.

Untaian kalimat yang terdengar sangat sombong? Ya kan?

Seorang teman saya pernah berkata, ” setiap orang dapat memilih akan menjadi apa? Mereka bisa memilih menjadi seorang budak, kalau mereka emang merasa sudah ditakdirkan menjadi seorang budak. Mereka bisa memilih menjadi seorang raja, bangsawan. kalau mereka menyadari sesuatu.

“apa?”

Kalau saja mereka menyadari bahwa, Tuhan menitipkan alam semesta kecil di dalam hati dan pikirannya.

Setiap raja memimpin sebuah kerajaan, sebuah istana yang indah, dan rakyat untuk disejahterakan dan dibuat bahagia. Mirip kan? Di dalam pikiran dan hati kita, ada alam semesta yang kita gerakkan, ada tubuh dalam wujud manusia yang akan dihargai lebih mahal bahkan dari istana emas sekalipun, ada diri sendiri yang memohon dibuat bahagia. Jadi apalagi yang kurang? Everyone is a king, if they want to be.

Kata seorang teman saya, Tuhan tidak pernah menetapkan seberapa rendahnya seseorang dibawahNya. Dia memberi pilihan kepada kita untuk menetapkannya sendiri. Dia mau semua orang bersujud di hadapanNya, tapi sebagai apa kita akan bersujud, itu pilihan kita sendiri.

Kita ngga bisa memilih kondisi kita boy..saya kadang terpaksa menerima bahwa saya adalah seorang pns, bahwa saya adalah keturunan campuran chinese, jawa dan bugis, saya ngga bisa memilih jumlah tabungan saya di bank, itu hukum alam bahwa kenyataan harus diubah melalui proses dan perjuangan. Tapi saya bisa memilih setiap saat, waktu saya menghadapi orang lain saya akan menghadapinya dengan hati sebesar apa.

“jadilah orang terhormat, kalau bisa dalam kekayaan, kalau bisa dalam kebesaran, pangkat dan jabatan. Tapi satu hal, jadilah orang terhormat selalu dalam hati dan pikiranmu, untuk terakhir ini tidak ada alasan “kalau bisa”. Jadilah kesatria dalam hatimu, jadilah besar dalam hatimu.”

Saat itulah kamu akan melakukan yang sebenarnya bernama rendah hati. Saat itu kamu bersujud sebagai seorang raja di hadapan TuhanMu, meletakkan mahkota dan semua lambang kebesaranmu rendah-rendah di hadapanNya, kamu akan menghormati sesamamu sebagai seorang raja menghormati sesamanya. Saat itu kamu akan melihat orang-orang yang terpuruk dan lemah bukan lagi sebagai orang yang lebih rendah, kamu akan melihat mereka sebagai raja-raja yang kehilangan tahtanya, kamu akan mengulurkan tangan dan berkata “tenang, ada aku. Mari kita kembalikan mahkotamu.”

Saat itu kamu hanya akan tertawa dalam hati saat orang-orang mengejekmu, saat orang-orang merendahkanmu, “orang-orang kasihan..sampai kapan kalian hanya melihat dunia tanpa hati”, begitu katamu sambil menahan senyum. Saat itu kalian akan berdiri tegak menghadapi cobaan dan berbagai godaan, ” I am strong boy, yes I am.. Lets God do what He want, and I do what I can.. “.

Saat ini, kalau kalian tanya, siapa saya?

Hey..man…I am a king.

Dan..siapa kamu?

baik itu, ngga harus ganteng

Hari ini saya semakin percaya kalau antara muka dan hati bukanlah hal yang sinkron kadang-kadang.

Teman sekantor saya, anak aceh. Mungkin mendengar kata aceh beberapa dari kita akan berpikir bahwa teman saya ini adalah anak yang alim, berjenggot dan sukanya memakai baju koko, saya dulu berpikir seperti itu. Saya sempat shock mendengar bahwa teman baru yang akan penempatan di makassar bersama saya adalah orang aceh. Sempat terlintas “wah, sekantor sama kyai nih…”, dan inilah yang terjadi, bahwa sangat tidak baik menilai seseorang terlalu awal karena kadang yang akan kita hadapi adalah kenyataan sebaliknya.

Pertama ketemu dia, wuih..berjenggot, berbulu, tapi kok pakai kaos ketat sama celana pendek? Eh, lho..kok manggilnya “gimana bro…siapa nama lu nih?”

Heisyah! Ngomongnya pakai “lu” dan “gue”, dan hebatnya lagi, dia bawa kartu remi!

“Gimana bro? mau main ngga nih..mumpung senggang..mumpung senggang…”, dan saya takjub dengan kenyataan bahwa kharakter orang aceh ini jauh dari bayangan saya. Di luar bahwa seharusnya dia alim karena bagaimanapun juga dia mantan juara tiga hapalan kitab se provinsi aceh, ternyata dia suka juga minum bir, malah kadang-kadang kalau lagi senggang sekali kami sempatkan minum bareng di pinggiran pantai sambil ngliatin cewek-cewek makassar yang modis dan seksi bersliweran bagai nyamuk.

Teman saya ini, badannya agak kekar kayak tukang bangunan, meski sedikit gendut sih semenjak di makassar. Dengan tambahan jenggot sama cambangnya yang menjulur dengan liarnya, dia jadi mirip preman pasar. Ngomongnya juga seringnya keras dan nyolot, cuek, pokoknya sering ngga enak di dengar deh. Penilaian saya setelah setahun berteman dengannya adalah, dia keras dan cuek.

Dan hari ini, saya sedikit ragu sama penilaian saya sendiri.

Tepat sore ini jam lima sore setelah absen kantor, tiba-tiba saja muncul ibu-ibu berpakaian formal yang menemui kami berdua dengan pakaian formal kantor. Karena saya masih ada urusan, saya permisi pergi ke ruangan saya di lantai dua. Lima belas menit kemudia saya lihat teman saya masih mendengarkan ibu-ibu itu bercerita sesuatu,entah apa dan masih berlanjut sampai setengah jam berlalu, dia naik ke atas meninggalkan ibu-ibu itu yang anehnya masih tetap dalam posisi bercerita seakan ngga sadar teman saya sudah naik ke lantai dua.

“lho…kenapa tu orang? aneh banget? kok malah ngomong sendiri di bawah?”

” ngga sadar ya lu?”

” apaan?”

” sinting tu orang bro…udah sering kok kesini.”

“hyahh! masak? lalu ngapain lu tadi dengarin sok serius gitu? hahaha…”

” ekspresinya itu lho, gue ga tega mau nyuekin.”

Kata mbak saya, orang yang benar-benar baik masih akan berbuat baik bahkan pada orang gila sekalipun. Dulu saya kira ini cuma kiasan saja, tapi ah..bisa terjadi beneran juga. Dengan ini saya sadar bahwa yang namanya orang baik ngga harus selalu tampil dalam wujud orang yang perhatian, yang bicaranya manis, yang sikapnya lemah lembut. Setidaknya, ngga semua orang baik tampil dalam wujud seperti itu.

Hari ini saya melihat seseorang dengan baju hitam, dengan nada bicara kasar, sikap cuek dan wajah angker, nyebelin, suka minum bir, yang mau mendengarkan waktunya untuk mendengarkan curhat orang gila selama setengah jam.

Dan bagi anda yang bilang kalau mungkin dia cuma iseng,

Saya yakinkan anda bahwa saya rasa tidak ada orang iseng yang akan mengatakan “gue ga tega nyuekin dia” dengan ekspresi setulus itu.

Makassar, 8-3-2011

Nyepi euy...

Kata teman saya, seorang dokter di bali, kalau hari raya nyepi seperti hari ini pasti di seluruh bali seakan tidak ada aktivitas. Pokoknya nyepi=sepi, katanya. Iseng-iseng saya searching di wikipedia, apaan sih nyepi itu? Dan ini yang saya temukan.

“Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan / kalender Saka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktifitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.
Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Buwana Alit (alam manusia / microcosmos) dan Buwana Agung/macrocosmos (alam semesta). “ (http://id.wikipedia.org/wiki/Nyepi)

Saya sedikit terharu membaca tujuan utamanya, menyucikan dunia, sesuatu yang “wow” buat saya. Berarti seperti tujuan idul fitri dan kelahiran isa almasih?
“bukan, bro!!! jangan disamakan!!”, kata teman saya saat saya iseng mengajukan pendapat saya ini padanya.
“eh, kenapa?”
“ soalnya beda! Pokoknya beda! Kan keyakinannya beda? Tuhannya beda!”
“ iya, tapi bukannya manusianya sama?”

Saya tuh suka ngga mudheng, ga ngerti, kenapa sih teman saya ngamuk sampai segitunya. Padahal kan saya cuma bilang kalau tujuannya “seperti” lho, saya ngga mengatakan kalau sama. Sama ngga mudhengnya seperti saat teman saya ini mengomentari aksi pemukulan FPI dengan kata “kok gitu sih...”, lalu mengatakan “sialan! Brengsek!” saat ada temannya yang dipukuli sama anak lain dari kompleks sebelah yang rata-rata penghuninya berbeda keyakinan dengannya. Banyak hal memang yang tidak saya mengerti tentang pikiran teman saya ini.
“kok gitu bro?”, iseng saya coba tanyakan.
“ ngga tahu. Reflek tuh..”, jawabnya.

Nah, dia aja ngga tahu tuh ternyata.. Beneran reflek kali yak?

Tapi bicara reflek, saya jadi ingat kata-kata seorang komikus amerika, scott mc loud. (itu loh, yang ngarang re inventing comic). Dia bilang kalau dunia ini seperti sebuah barisan orang-orang yang menuju ke suatu tempat, komikus yang baik..menemukan ide dengan keluar sejenak dari barisan dan melihat barisan itu, lalu melihat dirinya sendiri.
Ngerti?
Ngga? Waduh..

Maksudnya, kadang kita suka ngga sadar kalau diri kita itu sudah terprogram, oleh lingkungan, oleh keyakinan, oleh berbagai pengalaman, oleh berbagai hal lain yang saya sudah mulai bingung harus menyebutkan apalagi. Itulah yang menciptakan “reflek” semacam yang dialami teman saya tadi.
“Gue kok benci banget ya sama mereka...”
“ kenapa?”
“ entah sih..kayaknya karena...”

Kita penuh dengan “entah sih...” dan “kayaknya...”. Kita melakukan banyak hal berdasar apa yang kita “yakini”, tapi seberapa jauh sih kita yakin akan hal tersebut?
Di Indonesia, eksekusi mati, dilakukan oleh satu regu penembak jitu yang terdiri dari sekita lima sampai sepuluh orang (jumlah saya ngga tahu pasti). Dan dari sekian penembak, hanya satu yang senapannya benar-benar terisi peluru. Saya tanya, kenapa sih dibikin begitu?

Yak! Benar.. dibikin seperti itu agar ga ada yang benar-benar tahu tangan siapa sih yang udah membunuh si terpidana itu. Perasaan bersalah karena sudah membunuh atau menyakiti seseorang, itu sangat merusak mental saudara. Sekarang saya tanya, kenapa merusak mental? Hayoo..

Benar lagi. Rasa menyesal. Lalu kenapa anda bisa menyesal kalau anda benar-benar yakin kalau anda melakukan sesuatu yang benar?

--karena kita ga bisa menipu diri sendiri terus-terusan?
Salah! Kita bisa menipu diri terus-terusan kok, selama diri kita tidak tersadar.

Itulah yang dibilang Mc. Loud, “keluar dari barisan, melihat barisan itu, lalu melihat diri sendiri”. Momen-momen kita menjadi benar-benar objektif dan mendengarkan hati nurani, salah satu indikator purba yang ditinggalkan Tuhan agar kita ga selalu bertanya mulu, “kalau gini benar ngga Tuhan?”.

Seperti para veteran perang, yang bunuh diri karena merasa bersalah, atau yang jatuh pada narkoba untuk membuat diri mereka “ngga sadar” saat mereka tersadar. Hati nurani itu kejam saudara, dia hanya akan mengatakan kejujuran pada diri anda, kadang memang kata-kata yang paling kejam terasa adalah kata-kata yang benar-benar jujur kan? Dan sekali dia bebas dari kurungan, dia bisa ngoceh tak henti-hentinya, seakan sudah dihakimi sebelum sampai akhirat saja rasanya. (ini pengalaman pribadi loh.. :) )

H, sudah ngelanturnya. Kembali ke topik awal. Tentang nyepi, rasanya saya suka ide tentang menyendiri sejenak dan menghentika aktivitas, untuk menyucikan dunia dan alam semesta ini. Kan memang di dunia yang terlalu bising ini, agak susah memunculkan kesadaran-kesadaran yang saya bicarakan panjang dan lebar di atas tadi. Kita terlalu sibuk, atau menyibukkan diri biar ga sempat dihakimi sama hati nurani.

Mbok ya sekali-sekali bagus begitu...diam sejenak dan biarkan hati nurani ini bicara apa saja. Biar kita tahu kalau kita salah, biar kita tahu kalau kita udah melakukan berbagai hal buruk yang ngga mau kita sadari, biar kita sadar kalau kita ini manusia, biar kita sadar kalau untuk segala hal buruk yang kita lakukan, kita sendiri yang salah sepenuhnya..kan manusia punya plihan. Kita selalu bisa memilih mau membenci atau mencintai seseorang, ngga peduli apa yang sudah dilakukannya sama kita, kita bisa milih mau bersikap apa saat diri kita dilukai, kita bisa memilih mau berpikir seperti apa terhadap orang yang berbeda dengan kita. Kita selalu bisa memilih. Apapun.

Menyucikan hati sendiri, pikiran sendiri, lalu menyucikan diri sendiri. Dan mengenai menyucikan semesta, saya tidak menganggap itu sesuatu yang lebay kok.. emangnya apa sih yang ngga suci di semesta ini selain pikiran dan perbuatan manusia? Sebuah tempat disebut suci, karena orang-orang di dalamnya suci, kan?

Pikiran yang suci, membuat perbuatan-perbuatan yang suci, lalu perbuatan dan pikiran itu membuat pemiliknya menjadi suci. Orang-orang yang suci membuat dunia yang suci, dunia yang suci... ehm..lalu semesta?

Pokoknya, selamat hari nyepi bagi yang merayakan...
Makassar, 5 Maret 2011.

atasan gue bego, dolf


“Yang memungkinkan penguasa yang bijak serta jenderal yang baik untuk menyerang dan menguasai, dan mencapai semua hal diluar kemampuan orang biasa, adalah mengetahui lebih banyak”.

Sun Tzu, Art of war

Dari semua curhatan yang sering dikisahkan teman-teman saya secara rahasia dan terselubung,(*.*) hehehe.. yang paling sering saya dengar adalah : “ bos gue bego banget sih!! se-enak udelnya aja nyuruh-nyuruh, lalu hasilnya dikomplain, padahal dia sendiri aja kayaknya ga bisa ngerjainnya..”

Oh, oh..sepertinya saya harus menjelaskan dulu bahwa curhatan semacam itu tidak ada di kantor saya sendiri. Atasan saya, pinter dan ramah lho saudara. Yang paling penting sebenarnya ramahnya, ibaratnya kalau pun dia bukan siapa-siapa pun saya masih akan mau bantuin kerjaannya, karena saya suka sama orangnya. Kalau orangnya nyebelin kan pasti mikirnya, “coba lu bukan atasan gue, lu mau jatuh dari lantai tiga juga cuekin aja..”. Tapi ya ngga segitunya juga lah, jadi manusia ga boleh terlalu sadis kayak gitu lah.

Kadang-kadang saya bisa takut sama pikiran sendiri..

Yang jelas itu curhatan dari orang lain dan dari tempat kerja yang lain. Yang biasanya cuma saya tanggapi dengan santai : “udah, sabar aja.. Namanya juga anak buah emang tugasnya kan membantu dan memenuhi target yang ditetapkan atasan.”.

“Tapi dia bego banget dolf..”, pernah ada teman saya ngotot saking jengkelnya. Yah, mungkin lagi emosi aja sih.
“ huahaha...”, cuma itu respon saya.

Lha mau gimana lagi tho? Daripada bingung mau jawab apa kan mendingan ketawa aja. Lha wong memang lucu kok, segitunya ngotot pengen mem-bego-kan bosnya sendiri. Saya sih sebenernya terserah dia mau ngataian atasannya apaan, kan itu hak prerogratif mulut dan pikirannya sendiri. Lagian kalau mau dibilang salah siapa sampai si atasan itu di bego-begokan, atau di goblok-goblokan, saya pikir sih mungkin salah si atasan itu sendiri.

Lho...tapi kan mungkin teman saya yang sentimen aja..begitu kan pikir anda?

Tapi ga ada sentimen yang ga ada alasannya saudara. Memang sih, dalam pekerjaan seorang bawahan harus nurut sama instruksi atasan, ada peraturan dan etika yang mengikat. Tapi kadang kita suka ga sadar kan, kalau sebuah etika itu adalah sesuatu yang punya efek timbal balik. Kita diajarin kalau ngga baik salaman pakai tangan kiri, makanya kita juga berharap ngga ada orang yang minta salaman dengan kita pakai tangan kiri, ya ngga?

Seperti itu juga di kerjaan. Kita diajarin etika untuk menghormati atasan, tapi saudara..kadang kita ga sadar kalau dengan adanya etika tersebut maka kita jadi punya harapan bahwa atasan kita akan menghormati kita juga. Kecuali anda sudah sampai level sufi yang udah cuek bebek dengan repon dan tanggapan orang sama dia, “urusan gue cuma gue ama Tuhan dah..”. Tapi kalau belum, wajarlah..

Wajar kalau kita menuntut balik, “lu nyuruh gue ngerjain yang susah-susah kayak gini, lu sendiri bisa kagak?”. Wajar kalau kita jengkel, “lu nyuruh gue menghormatin lu, lu sendiri kagak ngormatin gue, kampret!”. Wajar kalau kita sedih, “udah capek-capek, udah dikerjain ulang tiga kali, masih disuruh ngulang lagi. Lu bilang kerjaan gue ga sesuai target perusahaan, its ok, masalahnya lu ngga bisa jelasin secara spesifik targetnya itu yang gimana! Dasar bego!”.

See..setiap etika dan tuntutan yang kita keluarkan, akan dikembalikan sama diri kita. Saat kita meminta sesuatu pada orang lain, kita akan diminta sesuatu juga. Saat kita menuntun, kita dituntut. Saat kita menilai, kita dinilai.

Hukum alam bro...hukum alam sista..udah psikologinya manusia seperti itu.

Dan itu artinya pernyataan teman-teman saya bahwa bosnya “bego”, mungkin benar dari sisi ini : bahwa mereka pemimpin, dan tugas seorang pemimpin adalah memimpin. Kalau dari segi ilmu secara riil mungkin manajemen. Bawahan dituntut lebih tahu dari atasan tentang pokok pekerjaannya, itu wajar. Tapi atasan meskipun ngga lebih tahu tentang pekerjaan itu (wajar, kan tugasnya mengolah hasil kerjaan, bukan mengerjakan) minimal dia dituntut tahu lebih banyak dalam bidang yang seharusnya dikerjakannya : memimpin.

Dan masalah memimpin berarti adalah masalah psikologi. Mereka harus sadar bahwa yang dipimpinnya adalah manusia, jadi mereka harus tahu lebih banyak mengenai psikologi manusia dan tetek bengeknya. Termasuk gimana caranya agar bawahan nyaman bekerja dan merasa dihargai, jadi mereka mau kerja maksimal dan mendukung kerjaan sepenuhnya.

Jadi kalau :
Bawahan ngga bisa kerja : bawahannya yang bego.
Bawahan ngga mau kerja maksimal : atasannya, bego.

Haha..Tapi lebih baik ngga ngomongin siapa yang bego lah.. Sebenarnya kan di dunia ini ga ada manusia yang pinter kalau menurut saya. Yang ada cuma orang yang lebih tahu. Saya tahu sesuatu, dia tahu lebih banyak, ada orang lain lagi yang tahu lebih banyak, yang tahu lebih banyak, yang lebih banyak, yang lebih banyak, yang lebih banyak..

Jadi kalau bego adalah sama dengan bodoh, bodoh sama dengan kurang tahu, kurang tahu sama dengan kurang mencari tahu, maka saya juga orang yang pantas dibilang bego. Kadang-kadang saya merasa sudah cukup tahu tentang sesuatu, makanya saya berhenti mencari tahu, makanya saya sampai pada kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut secara biasa-biasa saja. Kalau saja saya terus mencari tahu sampai pada batas “tahu” yang jauh melebihi pengetahuan orang lain, maka saya mungkin bisa mengerjakan sesuatu itu dengan hal yang luar biasa.

Dan punya kemampuan untuk mengerjakan sesuatu secara luar biasa, mungkin bisa mengubah hidup saya. Seperti kata sun tzu di ujung atas tulisan ini.

Masalahnya cuma untuk tahu lebih banyak. Saja.









disini, aku pernah menemukanmu

Ada satu tempat dimana waktu seakan berhenti. Bukan tempat indah dengan hamparan geranium dan lavender, yang akan membuatku terkantuk-kantuk ingin merebahkan diri. Bukan tempat gelap yang indah, dengan ribuan bintang terlihat dan semua di bawahnya tampak sama.

Disini, aku pernah menemukanmu.

06.00.
Perjalanku melewati pemukiman kumuh, dengan kumpulan rumah-rumahnya yang padat dan bau sampah yang menusuk dari tumpukan sampah yang tidak segera dibakar itu membuatku sedikit terganggu. Langkahku pelan, entah kenapa aku tidak ingin segera lari dari tempat ini.

Di dunia ini sesuatu yang ganjil akan segera terlihat. Disini aku pernah melihatmu. Muncul tiba-tiba dari sebuah rumah kecil bercat hijau berpagar besi pendek dan menggelengkan kepala, entah kenapa. Baju berantakan dan rambut acak-acakan, ah..belum mandi rupanya. Berjalan tergesa-gesa sambil menggenggam dua buku kecil. Melewatiku, dan segera duniaku terperangkap dalam sebuah kotak kecil. Harapan.

Waktu sekian lama berjalan. Dan dunia ikut tertawa bersama waktu yang kita genggam bersama.
Di berbagai tempat yang lain, aku menjadi sering melihatmu. Berjalan bersamaku tersenyum melewati kumpulan toko, rumah, gedung-gedung bertingkat dengan bau asap dari kendaraan yang lalu lalang. Ada di sebelahku mengulum sebatang es krim coklat, dengan cara aneh yang membuatku tertawa terbahak-bahak. Waktu kita benar-benar menjadi harapan.

Seandainya di dunia ini semua orang terus berada di tempat yang sama. Mungkin waktu juga akan berhenti disana. Tapi sepertinya tak seorangpun boleh menguasai suatu tempat untuk waktu yang lama. Waktupun berjalan dan kita berubah. Manusia menjadi jauh lebih lemah dari waktu.

Awan sedikit bergerak, beberapa lembar daun terjatuh, dan seseorang kembali bernafas di tempat ini. Duniaku kembali, dan melekat pada waktu yang terus berjalan maju. Terkadang aku rindu terperangkap di kotak kecil harapan itu lagi, di tempat itu kita menguasai waktu.

Kini aku berjalan maju, seperti waktu. Melewati tempat-tempat dimana aku pernah menggenggam tanganmu. Hanya sedikit berharap, dengan kemungkinan kecil, di bumi berputar, berbagai tempat yang luas, waktu kita sempat terhenti di tempat yang sama.

Meski aku tak akan menunggu. Seperti waktu, aku juga harus berjalan maju.

Aku berjalan lagi, melewati rumah kecil itu. Disini, waktu seakan pernah berhenti. Disini aku pernah menemukanmu.

Jakarta, dua tahun yang lalu.

hari ini kopi di meja saya, di isi ulang sepanjang hari

Hari ini saya ngantuk sekali. Kenapa? Pengen tahu alasannya?

Lho..ngga? Ya kalau ngga, jangan baca, saya kan emang lagi pengen curhat nih bung.. PNS juga manusia, bisa sakit, bisa curhat, bisa njengkelin, bisa aja deh pokoknya. Makanya saya kadang jengkel kalau menghadapi orang-orang yang menganggap kalau PNS itu adalah orang yang digaji negara, abdi masyarakat, jadi harus selalu bisa tampil prima dan optimal.

Padahal hari ini saya lagi bete dan ngantuk, eh kok daripagi disuruh kerja mulu. "PNS ga boleh terpengaruh mood, namanya bekerja untuk negara harus dengan segenap pengabdian..", kata teman saya. Itu namanya profesionalisme dan integritas.

Huah, mbok kira gue sapi! Pengabdian mulu, ngasih susu, mbajak sawah, narik gerobak, nanti udah tua dan ga bisa kerja lagi lalu  dijadiin soto daging. PNS juga manusia bung.. Kalau lagi bete, ngantuk, capek,  itu pengennya istirahat, berdiam diri, lalu ngapain lah selain kerja, minimal sebentar. Entahlah, sebenarnya saya ngantuk banget hari ini cuma gara-gara masalah sepele. Cuma masalah sms.

Apa?

Ya. Anda benar. Cuma gara-gara sms atau dengan bahasa yang lebih intelek, gara-gara short message service.

Sms malam-malam dengan bahasa alien.
"hAllowh kAkHH..4Pha KhabR nEcH..."

Sungguh saudara, mendapat sms seperti itu malam-malam, saat otak saya sedang capek-capeknya, saat saya pengen santai dan menikmati musik pengantar tidur, adalah bencana yang sangat besar. Meskipun sebenarnya bukan untuk yang pertama kalinya saya mendapat sms seperti itu, tetap saja masih sangat terasa menjengkelkan.

Setidaknya, kenapa sih harus malam-malam? Bukan hanya malam, ini tengah malam. Saat-saat otak saya dalam kondisi gelombang delta, saat alam bawah sadar saya mengalami kondisi puncak untuk memproses berbagai ingatan. Kenapa harus dicemari oleh sms alay ini. Begh..

 Tapi dengan segala sifat baik yang masih tertinggal di hati nurani, saya balaslah sms ini dengan : "Baik kok dek..udah malem, belum tidur? Aku udah ngantuk nih. :) "

Sms sent. Dan saya bersiap tidur dengan asumsi si pengirim sms alien ini akan nyadar kalau saya ini ngantuk dan lagi ngga pengen diganggu.
Tapi apa yang terjadi selanjutnya... "tititit...tititit...", saya sambar hape dengan emosi dan tertulis disana :
"n66 pP4 kK kk, 4k belm n6ntk. Kkk kl4 pn6N n6BRL 4k tmN DH, kN ak bK 0rn6NY4"

Terjemahan :  ngga papa kok kak, aku belum ngantuk. Kakak kalau pengen ngobrol aku temani deh, kan aku baik orangnya.

Arrrghhh!!! "Bug! bug! bug!" ( mbanting bantal ke lantai) . Sandal jepit! Ketan goreng! Musa paradiasica! Zena Mays! Oryza Sativa!! Ni anak bisa-bisanya ngomong begitu!! Terus seolah-olah gue yang mau ngobrol..astaga..kadang-kadang saya kagum juga dengan ke-tidak-sadaran-nya. Kalau ini lagi ngomongin semangat pantang menyerah, saya akan mengacungkan dua jempol sambil melakukan standing applouse.

Mencoba bersabar, saya balas smsnya : " sory ya dek...udah ngantuk banget nih. Ku temenin sms an besok aja ya.. Hari ini capek banget, serius. :D Ni aja mata sampai kayak di lem alteco."

Entah kenapa, saya punya firasat kalau si alay ini belum juga akan menyerah. Dan benar, astaga..dia sms lagi saudara.
"y Ud4h mTnya dBka dUl, CC MK kK, LL Mnum kp. 4b5 1tU stl M5k yng a6k kncn6, p5t Iln6 n6nTknY. 4k beLM n64NTk n1h, jaDi b5 nmnn k4kK 5m5 4n"
terjemahan :
"ya udah matanya dibuka dulu, cuci muka kak, lalu minum kopi. Abis itu setel musik yang agak kenceng, pasti ilang ngantuknya. Aku belum ngantuk nih, jadi bisa nemenin kakak sms an."

Bujug dah...
Pengen rasanya saya cuekin aja ni anak, silent hape, lalu tidur dengan pulas. Tapi ngga ah, saya ngga tega. Saya tahu rasanya dicuekin sama orang yang kita nggap sahabat. I know its hurts, dalem banget rasa sakitnya. Yah, mungkin si alay ini tidak menjadi sahabat yang baik untuk saya, nyebelin sih! Tapi itu ngga berarti saya harus menjadi sahabat yang buruk buat dia kan?

Seorang sahabat yang sangat saya hormati, pernah bilang gini sama saya : "ben..belajarlah menghargai niat baik sahabatmu, meskipun kamu sebenarnya ga terlalu suka dengan niat baiknya.Niat baik yang ngga dihargai bisa membuat seseorang kecewa, dan kekecewaan seperti itulah yang bikin banyak orang baik berubah. Lu ngga pengen mengubah sahabatmu sendiri jadi jahat kan?"

Absolutely right. Niat baik tetap niat baik, setidaknya teman alay saya satu ini  melakukannya dengan niat baik : nemenin saya sms an malam-malam.Dan nyuekin sebuah niat baik, bukan tabiat pria sejati saudara (Hohoho...saya suka sebutan itu).

Jadi saya minum segelas air putih besar. Memanaskan otak dan men - start program penterjemah  "alay text" di otak. And we go! Satu jam berlalu, melewati deretan smsnya yang panjang-panjang yang saya balas dengan dua atau tiga kata "saja" dan akhirnya..
uD4h N6ntk kk, Tdur dl y4..6 bk B6dn6 Th"
terjemahan :  udah ngantuk kak, tidur dulu ya..ga baik begadang tuh

 Saya sampai pengen sujud syukur.. Berakhir juga cobaan malam ini..dan saya lolos dari godaan menyakiti hati seorang teman yang berniat baik. Sungguh saudara, bertahan satu jam sms an dengan aneka huruf kreatif itu membuat saya pengen ngasih medali sama diri sendiri. Medali kesabaran dan ketabahan. Bangga juga sebenarnya. 

Yah, ngga ada salahnya kan saya bangga, karena saya kali ini bisa berlaku sebagai manusia. Menghargai orang lain, biar dia alay, biar smsnya malam-malam, biar saya capek, biar saya sebenarnya jengkel. Tapi saya bangga, meski di tengah semua hal itu, saya ngga menuruti godaan hati saya untuk bersikap jahat dengan nyuekin dia. Biarpun sebenarnya jengkel banget.

Saya yakin, teman saya ini bukannya sengaja ngga nyadar isyarat saya kalau saya capek, ngantuk, dll. Tapi dia kan emang polos, masih lugu..banget. Orang polos itu derajatnya menurut saya beberapa tingkat di atas saya saudara, saya ini pinter dan cerdik saudara (ngga boleh protes! pendapat pribadi kok..). Tapi justru karena pinter dan cerdik itulah saya sering tergoda untuk bersikap munafik, lama-lama jadi munafik beneran.

Orang-orang polos itu mulia di hati saya. Mereka orang-orang pilihan Tuhan yang dipisahkan dari segala kesemrawutan dunia ini. Mereka pure, murni. Mereka marah saat marah, tertawa saat senang, bersyukur saat bersyukur, mereka ngga ngerti segala topeng yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Wajah yang tampak di muka mereka adalah wajah mereka yang sebenarnya, wajah mereka sendiri.

Dan menghadapi orang mulia seperti itu, saya ngga tega.. Menyakiti mereka, sungguh ngga sanggup hati saya untuk sengaja melakukannya. Kalau akibatnya saya jadi ngantuk sepanjang hari ,ya sudahlah.. Gapapa..

Dan pagi ini, di meja saya, ada segelas gede kopi yang di isi ulang berkali-kali sepanjang hari.

cobalah lebih bijak sedikit dari kucing

Tulisan. Bagi saya kadang-kadang menulis adalah sebuah pelampiasan.

Saya, mengingat waktu saya mulai banyak nulis, tentang berbagai hal, dimulai dua tahun lalu di sebuah warnet deket kampus. Sekarang saya baru ingat lagi, kenapa awalnya saya suka menulis. Sebuah alasan awal yang terlupakan, dengan sukses selama dua tahun ini.

Kadang kita emang sengaja menyibukkan diri dan pikiran kita, agar tidak bisa mengingat sesuatu yang sebenarnya ingin kita ingat. Dan saya sangat mengerti itu.

Dulu saya mulai nulis, setelah sempat pacaran di surabaya, dengan mantan adik kelas saya. Dan sekarang mantan adik kelas saya ini, jadi lebih panjang gelarnya, udah mantan adik kelas, mantan pacar, juga hampir jadi mantan teman. Sebenarnya saya masih berusaha berteman dengan baik, hanya saja entah kenapa dia sibuk sekali. Kadang sibuk kuliah, kadang sibuk latian dance, yah, sudahlah.

Saya marah sekali saat itu, sangat marah. yah, secara baru kali itu saya sebenarnya pengen bener-bener serius setelah sekian lama main-main. Baru saat itu saya benar-benar mantap meninggalkan seseorang yang sebenarnya sangat saya sukai, tapi sayangnya tidak pantas buat saya. Saat itu saya baru hampir berhasil mencoba menyukai seseorang yang membuat saya nyaman, ya mantan saya itu. Baru saat itu saya benar-benar mencoba melihat dengan hati saya, untuk mencintai seseorang, secara dia ngga sesuai selera saya sebenarnya. Ngga cakep, tapi syukurlah lumayan manis, yah..begitulah.

Saat-saat dengan aura kemarahan itulah saya mulai nulis dulu. Saat-saat seperti itulah yang kebetulan pas sekali dengan kata aristoteles, "if u get a good love story, u will be happy. But if u get  a bad one, u will be a philosopher". At last, well..that the answer for some friends question, "dolf, kok jadi agak bijak sih lu akhir-akhir ini?"

yah, teman-teman...gimana ngga jadi bijak kalau setiap saat selama sebulan yang kalian lakukan adalah merenung?

Kalau pengen jadi bijak juga. Cobalah patah hati dengan orang yang baru mulai kalian sukai. Hehe..

Dan dunia berputar, dua tahun berlalu, beberapa ingatan mulai pudar, lalu dengan konyolnya permainan Tuhan mulai dimainkan. Berapa sering sih kita harus susah payah melupakan sesuatu, mulai beralih ke pikiran lain, lalu dengan mudahnya banyak hal yang susah-susah dan menyedihkan itu muncul lagi di kehidupan kita, hanya dengan sebuah sms iseng : " nah, jadi gimana kabarmu?"

Smsnya sih ngga masalah, its just a sms bro.. masalahnya itu adalah kelanjutannya. nah, itu dia! Sms dibalas, sms lagi, sms lagi, sms lagi, telepon teleponan di mulai, dan dilanjutkan. Saat hati mulai terbuka lagi, kesibukan kami kembali hadir, mulai menjauh lagi, dan kembali sepi. sepi datang, dan semua kesedihan yang pernah hilang, kembali. Oh God,  bikin cerita cinta kok sering banget yang kayak gini... Kayak ada template nya aja dah..

Ibarat batuk sudah hampir sembuh, minum es lagi. Oh saudara, segar sebentar, meradang besoknya. Dan sepertinya kali ini hati saya kembali pilek. Benar kata emak saya, kalau tahu takut ketinggian, janga mencoba manjat terlalu tinggi, kita ini manusia...cobalah lebih bijak sedikit dari kucing.

Saya jadi ingat kucing kecil saya di rumah. Seringnya manjat pohon mangga di depan sampai pucuk, lalu mengeong-ngeong minta diturunin. Kucing geblek.... Tapi ingat diri sendiri, saya juga pengen bilang geblek juga sih sebenarnya.

ah, geblek..

iseng itu kebutuhan hidup, saudara..

Kali ini saya kena batunya.

Seperti biasanya saat perut saya mules di kantor, saya menuju tempat favorit saya untuk melampiaskan beberapa hal yang mengganjal dalam hidup..halah, lebay, yang mengganjal dalam perut maksud saya. Saya menuju ke lantai dua gedung sebelah yang biasanya jam-jam segini sudah kosong dan ngga ada aktivitas apa-apa.

Lagi asyik-asyiknya jongkok nih, tiba-tiba ada suara, "kriett.." (pintu dibuka). Mampus saya!! Masalahnya bukan karena ada yang masuk ke toilet juga, tapi masalahnya toilet yang saya pakai itu adalah toilet cewek. Mampus...mana saya masih belum punya askes lagi! Gimana nanti kalau saya digebukin ibu-ibu lalu harus dirawat di rumah sakit?!

Untunglah ngga seberapa lama, entah siapa yang masuk tadi keluar lagi. "Kriett..klik!", pintu ditutup dan saya selamat. Pelajaran moral kali ini adalah : saat anda dalam bahaya, dan tidak bisa melakukan apapun, diam saja dan sabarlah. Mungkin bahaya itu akan berlalu dengan sendirinya.

Tapi walaupun saya baru selamat dari bahaya digebukin ibu-ibu, saya masih ngga ngerasa salah kok. Kan gedungnya biasanya kosong dan ga ada kegiatan apa-apa disana, lagian juga toilet cowok di sebelah sedang rusak. Lagian kan manusiawi sekali, kalau saya yang orang baik-baik ini, yang biasanya jarang ngelanggar aturan, sekali-sekali pengen nakal.

Lha nakal kan sebenarnya salah satu kebutuhan  dasar manusia juga. Semua orang, biar se alim apapun menurut saya sih pasti pernah terlintas ide-ide untuk berbuat sedikit "menyimpang" dari peraturan, sedikit "jahat", sedikit "usil". Di dunia anak-anak "gaol" sih ini disebut pikiran iseng.

Mungkin sih pikiran iseng, adalah salah satu warisan genetik dari nenek moyang kita. Jaman dulu kan ga ada aturan tuh ya, apalagi yang masa-masa purba, nenek moyang kita hidup dengan bebasnya. Kayak di film-film tuh, yang namanya manusia purba kan suka-suka aja hidupnya, mau ga pake baju kek, mau mukulin orang tanpa alasan kek, mau nari-nari ga jelas kek. Benar-benar pola hidup, "suka-suka gue".

Tapi jaman berkembang, manusia mulai semakin matang pemikirannya dengan berbagai konsep filsafat, moral, etika, agama. Kehidupan semakin mengalami "enlightment", keteraturan, ketertiban, kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, norma-norma, yang semuanya baik..tentunya..

Tapi ada sisi manusia yang terpenjara dengan semua kemajuan peradaban itu, sisi purbanya. Sisi diri yang hidup bebas dan "semau gue aja", tinggalan nenek moyang di masa purba itulah yang kadang-kadang mengetuk-ngetuk hati, mendobrak-dobrak jiwa, atau hanya muncul dalam getaran halus di pikiran, "pengen iseng...pengen iseng...pengen iseng....".

Makanya ada orang yang jadi preman, soalnya mungkin gen purbanya jauh lebih kuat daripada nilai-nilai moral yang dipegangnya.

Tapi jangan salah bung, yang saya bilang pikiran iseng itu beda jauh sama pikiran jahat. Iseng itu ngga jahat. Orang-orang alim yang ngga punya pikiran jahat juga masih bisa punya pikiran iseng, hanya saja mereka mencari-cari cara untuk berbuat iseng yang ngga menyalahi moral, etika, agama, dan semua pegangan yang dimilikinya. 

Makanya banyak cerita tentang sufi, yang iseng banget kan? Soalnya namanya aja sufi, salah satu cara memahami Tuhan lewat cara kreatif. Iseng itu dekat dengan kreatifitas, kreatifitas dekat dengan kejeniusan, kejeniusan dekat dengan kegilaan. Yah, gitu dah..



Dan dalam diri saya, dobrakan-dobrakan itu muncul setiap kali saya kebelet ke toilet. Setiap saat saya liat toilet cewek yang nganggur, ga ada yang makai di gedung sebelah, muncul di pikiran, "hihihi...gimana ya klo boker disana aja?? kan ga ada orang juga nih..". Waduh, sisi purba saya anarkis juga isengnya ternyata.

Yah, begitulah..dengan meng-kambing hitamkan gen nenek moyang lah saya bisa bilang kalau "ga salah juga lah..kan iseng, lagian ga ada yang makai tu toilet(biasanya)". Saya ngga ngerasa salah, tapi kapok. Daripada lain kali digebukin ibu-ibu kaget beneran.

Yah meskipun iseng ngga salah, tapi sebaiknya jangan berbuat iseng yang membahayakan nyawa kan.. Kalau nggebuknya pakai sepatu sih gapapa, tapi kalau pakai linggis? Nyawa saya bisa terancam juga kan..

jadi ingat iklan yang, "mbak..punya linggis? kalau nama punya kan...".  Ah, sudahlah.

Lain kali, sebaiknya saya cari kesempatan iseng yang lebih aman. Tentunya yang ngga terlalu menyalahi moral dan yang palig penting, hati nurani saya. 

Gimana lagi? Iseng itu kebutuhan hidup juga kan... Udah bawaan gen sih!

mau cerdas? nulislah.

Kenapa sih lu ngga ikutan nulis?
"ah, tulisan gue jelek..gue ga pinter nulis."

Itu tuh jawaban yang paling sering saya terima, tiap kali menanyakan pertanyaan yang sama. Gue ga pinter- nulis. Lho, emang nulis itu harus pinter yak?

Kagak saudara, saya juga ga ngerasa pinter tapi saya nulis terus.  Saya emang ngga tambah pinter setelah nulis, tapi saya merasa tambah cerdas. Lho, beda lho pinter ama cerdas tuh..

Gini nih bedanya..

Manusia kan  punya batas kemampuan otak buat mengingat sama menganalisis, bayangin aja kita abis baca ensiklopedi empat ratus halaman, setelah dua minggu berapa persen yang masih bisa kita ingat? Dikit kan? Kalau saya sih biasanya lupa semuanya.

Tapi masalahnya, apa kita benar-benar lupa tuh? Ngga... sebenarnya kita masih ingat. Kayak hard disk komputer dah, saat sudah full berisi data, lalu kita format, sim salabim datanya ilang. Bener-bener hilang kah? Oh, tidak...sebenarnya datanya cuma ditindis.

Kan data di komputer itu wujudnya susunan bilangan biner ( 0 dan 1 ) yang dikonversi ke dalam huruf, angka, gambar, suara, perintah, bahasa pemrograman, proses, perintah mesin, dll. Nah, proses format itu sebenarnya cuma menindis angka bilangan-bilangan biner itu ke susunan semula saat disk masih kosong.  Ngerti?

eh, ngga ngerti? duh, gimana yak..

Pokoknya otak manusia itu menurut penelitian mirip dengan hardisk. Bedanya, dia bisa menyimpan informasi dalam ukuran yang besarnya jauh lebih besar dari harddisk yang paling canggih sekalipun saat ini. Dan saat kita menerima sebuah informasi, lalu kita lupa, itu sebenarnya bukan berarti data yang sudah kita dapat itu hilang.

Ngga hilang, cuma disimpan dalam bentuk lain. Dalam bentuk apa? Ya dalam bentuk memori alam bawah sadar.

 Makanya pernah ngga saat lagi ngobrol santai sama seseorang, tiba-tiba aja
keluar tuh omongan cerdas yang ngga kita duga-duga sebelumnya? Sampai teman kita kaget, "kok tumben lu cerdas sih?". Lalu kita dengan coolnya bilang, "emang sebenernya gue cerdas kok, ngga nyadar ya?" (Padahal kaget juga sebenernya, tumben bisa pinter)

Itu namanya kondisi trance.

Pernah dengar cerita ngga kalau hitler itu sebenarnya pemalu kalau ngomong tatap muka dengan seseorang, tapi waktu dia pidato di depan ribuan orang entah kenapa bisa langsung berubah wujud jadi seseorang yang membara, berapi-api. Seperti teman saya devita, anak medan, dia itu sebelum manggung nyanyi pasti keringat dingin, tapi saat udah di panggung langsung berubah, dia tiba-tiba lupa sama kondisi sekitar dan nyanyi dengan pede-nya.

Itu trance, saat-saat otak bawah sadar mengambil alih kemampuan kita. Semakin lama, dan semakin sering kemampuan bawah sadar itu muncul, dia akan merembes ke alam sadar otak kita. Makanya semakin lama dan semakin sering jam terbang si devita, teman saya itu pasti rasa nervousnya hilang.

Nulis itu juga bisa bikin trance saudara. Kadang-kadang saya juga suka ngga sadar saking asiknya nulis, eh..udah tiga halaman! Dan saya dengan jujur mengakui kalau kadang-kadang tulisan saya bisa kelihatan lebih cerdas dari saya yang sebenarnya. Soalnya banyak alam bawah sadar saya yang menyelinap diam-diam masuk ke tulisan saya waktu saya sedang ngetik.

Alam bawah sadar kita, yang bahkan sudah mulai menyimpan dan mengolah informasi sebelum kita lahir, sebenarnya menyimpan potensi yang parah banget kerennya saudara.  Makanya sayang kalau cuma dikeluarin saat kepepet, atau kadang-kadang. Daripada kadang-kadang jadi cerdas kan mending jadi cerdas beneran aja sesering mungkin kan?

Makanya itu saya nulis mulu kerjanya, ini dalam rangka mencerdaskan otak saudara. Dengan nulis maka alam bawah sadar saya terpaksa keluar, semakin sering keluar, siapa tahu lama-lama cerdasnya merembes ke otak sadar saya? Ya to..

"halah, lu sering nulis juga masih bego!", kata teman saya.

Sirik banget sih! Kan sekarang udah cerdasan dikit daripada dulu!!



-mau cerdas? nulislah.

Kenapa sendal jepit? Kenapa ijo?

Kenapa blog ini dinamai sandal jepit? dan kenapa pakai embel-embel ijo?
Itu semua ada filosofinya lho saudara, bukan sekedar njeplak aja bikin judul nih.

Yang pertama kenapa pakai judul sandal jepit?

Nah, kita semua tahu kalau sandal jepit itu ada di seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tukang becak sampai direktur semua suka pakai sandal jepit, semua tahu sandal jepit, semua harusnya punya sandal jepit. sandal jepit adalah salah satu lambang kesatuan bangsa lho saudara. Kalau ada istilah, "we are in the same world, in the same sky..so we all are brothers and sisters". Maka dengan filosofi sandal ini, kita bisa berkata, "berbeda suku bangsa, berbeda agama, berbeda budaya, namun bersendal jepit semua.". Oh, indahnya..

Sandal jepit juga adalah lambang sebuah esensi. Kita semua tahu kalau sebenarnya esensi dari semua alas kaki adalah sama, yaitu untuk melindungi kaki. Bener apa bener?

Tapi masing-masing alas kaki punya gengsi yang berbeda, misalnya sepatu buat kerja, high hells buat pesta, lalu ada kawin silang sepatu sama sendal, yang namanya sepatu sendal. sepatu sandal ini biasanya buat main sama jalan-jalan. Kasta paling bawah ya adalah sandal jepit. Sendal jepit selalu dianggap rendah, sampai-sampai kalau kita jalan-jalan ke mall pakai sandal jepit pasti akan diliatin dengan ilfeel sama orang.

"udah ngga keren, pakai sandal jepit lagi..bikin mata katarak aja nih!"

Padahal kalau kita mau renungkan, sebenarnya dengan objektif dan tanpa membawa-bawa harga diri dan gengsi, sandal jepit kan fungsinya sama aja sama sandal mahal dan sepatu-sepatu itu. Malah ada beberapa orang yang malah lebih suka pakai sandal jepit kemana-mana. Lebih nyaman aja rasanya. Termasuk saya.

Saya kalau kemana-mana selain di kantor dan ke gereja, pasti pakai sandal jepit swallow warna hijau. Ke mall juga begitu, biar diliatin orang saya ngga peduli, bukankah yang dibilang rasa ngga nyaman itu sebenarnya muncul karena kita ngga nyaman dengan diri sendiri. Saya ngga ngerasa pakai sandal jepit ke mall adalah hal yang salah, jadi saya nyantai aja biar diliatin orang juga.

Intinya (meskipun ga nyambung dengan penjelasan di atas) saya menulis di blog ini untuk semua orang, bukan buat golongan tertentu seperti yang disebut anak "gaol", anak "alay", anak gedongan, anak "kampung", birokrat, dll..dll..dll..

mau lu gaul kek, mau lu ga gaul kek, mau lu gedongan kek, ga gedongan kek, alay kek, ga alay kek, dan kek kek yang lainnya, selamat datang di blog saya. Disini, kita semua sama.



Kalo masalah kenapa hijau? Yah, itu sih cuma karena ijo adalah warna kesukaan saya aja.

Halo dunia

Selamat datang di blog saya, "sandal-jepit-ijo.blogspot.com".

Sebenarnya ini blog ketiga saya, setelah dua blog sebelumnya hilang dengan mengenaskan karena saya lagi-lagi lupa password. Yah, beberapa rangkaian huruf saja bisa membuat  tulisan yang udah seabrek jadi hilang, memang mengenaskan sekali saudara.

Akhirnya dengan sedikit keberuntungan, ketemulah saya dengan teman baru saya, indri. Si indri ini anak medan, kuliah semester capek di USU jurusan anthropologi sosial yang juga penulis blog, merangkap tukang desain. Dan dengan alasan kesetiakawanan, saya minta si indri untuk men-desain blog saya yang baru.

Dan, ciluk..ba!! Jadilah blog ini, "sandal-jepit-ijo.blogspot.com".

 Sekaligus ini penjelasan buat siapa saja yang mampir disini, dan berkomentar dalam hati "apaan nih blog, desainnya cewek banget...padahal penulisnya cowok, huek...(muntah). Sok imut..". Nah, jelas desainnya cewek banget, kan yang bikin desain emang cewek. Dan saya bukan sok imut saudara, saya emang imut. Udah imut, baik hati, ngga sombong, suka membantu ibu lagi, kurang apa coba?

Apa? kurang ajar?

Yah, beberapa orang ada juga sih yang bilang kayak gitu. Tapi seperti kata aristoteles: " There was never a genius without a tincture of madness", ngga ada orang jenius tanpa sentuhan kegilaan". Dan itu artinya mereka yang bilang saya kurang ajar secara tidak langsung mengatakan kalau saya ini mendekati jenius saudara. 


Nah, kurang apa coba, udah imut, baik hati, ngga sombong, mendekati jenius lagi.


Akhir kata, selamat datang di blog saya.

About Me

Foto saya
hanya seorang pecinta sandal swallow warna hijau, yang gue pakai jalan-jalan ngga jelas kemana-mana mulai dari mall sampai restoran besar (sempat ngga boleh masuk, sialan!).

Pengikut Jejak

Penunjuk Sandal

Sandal ku Laku :)

Sandal Jepit Ku

Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow

Absen Sandal


ShoutMix chat widget
ADS
ADS
ADS
ADS
Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "