Hari ini saya ngantuk sekali. Kenapa? Pengen tahu alasannya?
Lho..ngga? Ya kalau ngga, jangan baca, saya kan emang lagi pengen curhat nih bung.. PNS juga manusia, bisa sakit, bisa curhat, bisa njengkelin, bisa aja deh pokoknya. Makanya saya kadang jengkel kalau menghadapi orang-orang yang menganggap kalau PNS itu adalah orang yang digaji negara, abdi masyarakat, jadi harus selalu bisa tampil prima dan optimal.
Padahal hari ini saya lagi bete dan ngantuk, eh kok daripagi disuruh kerja mulu. "PNS ga boleh terpengaruh mood, namanya bekerja untuk negara harus dengan segenap pengabdian..", kata teman saya. Itu namanya profesionalisme dan integritas.
Huah, mbok kira gue sapi! Pengabdian mulu, ngasih susu, mbajak sawah, narik gerobak, nanti udah tua dan ga bisa kerja lagi lalu dijadiin soto daging. PNS juga manusia bung.. Kalau lagi bete, ngantuk, capek, itu pengennya istirahat, berdiam diri, lalu ngapain lah selain kerja, minimal sebentar. Entahlah, sebenarnya saya ngantuk banget hari ini cuma gara-gara masalah sepele. Cuma masalah sms.
Apa?
Ya. Anda benar. Cuma gara-gara sms atau dengan bahasa yang lebih intelek, gara-gara short message service.
Sms malam-malam dengan bahasa alien.
"hAllowh kAkHH..4Pha KhabR nEcH..."
Sungguh saudara, mendapat sms seperti itu malam-malam, saat otak saya sedang capek-capeknya, saat saya pengen santai dan menikmati musik pengantar tidur, adalah bencana yang sangat besar. Meskipun sebenarnya bukan untuk yang pertama kalinya saya mendapat sms seperti itu, tetap saja masih sangat terasa menjengkelkan.
Setidaknya, kenapa sih harus malam-malam? Bukan hanya malam, ini tengah malam. Saat-saat otak saya dalam kondisi gelombang delta, saat alam bawah sadar saya mengalami kondisi puncak untuk memproses berbagai ingatan. Kenapa harus dicemari oleh sms alay ini. Begh..
Tapi dengan segala sifat baik yang masih tertinggal di hati nurani, saya balaslah sms ini dengan : "Baik kok dek..udah malem, belum tidur? Aku udah ngantuk nih. :) "
Sms sent. Dan saya bersiap tidur dengan asumsi si pengirim sms alien ini akan nyadar kalau saya ini ngantuk dan lagi ngga pengen diganggu.
Tapi apa yang terjadi selanjutnya... "tititit...tititit...", saya sambar hape dengan emosi dan tertulis disana :
"n66 pP4 kK kk, 4k belm n6ntk. Kkk kl4 pn6N n6BRL 4k tmN DH, kN ak bK 0rn6NY4"
Terjemahan : ngga papa kok kak, aku belum ngantuk. Kakak kalau pengen ngobrol aku temani deh, kan aku baik orangnya.
Arrrghhh!!! "Bug! bug! bug!" ( mbanting bantal ke lantai) . Sandal jepit! Ketan goreng! Musa paradiasica! Zena Mays! Oryza Sativa!! Ni anak bisa-bisanya ngomong begitu!! Terus seolah-olah gue yang mau ngobrol..astaga..kadang-kadang saya kagum juga dengan ke-tidak-sadaran-nya. Kalau ini lagi ngomongin semangat pantang menyerah, saya akan mengacungkan dua jempol sambil melakukan standing applouse.
Mencoba bersabar, saya balas smsnya : " sory ya dek...udah ngantuk banget nih. Ku temenin sms an besok aja ya.. Hari ini capek banget, serius. :D Ni aja mata sampai kayak di lem alteco."
Entah kenapa, saya punya firasat kalau si alay ini belum juga akan menyerah. Dan benar, astaga..dia sms lagi saudara.
"y Ud4h mTnya dBka dUl, CC MK kK, LL Mnum kp. 4b5 1tU stl M5k yng a6k kncn6, p5t Iln6 n6nTknY. 4k beLM n64NTk n1h, jaDi b5 nmnn k4kK 5m5 4n"
terjemahan :
"ya udah matanya dibuka dulu, cuci muka kak, lalu minum kopi. Abis itu setel musik yang agak kenceng, pasti ilang ngantuknya. Aku belum ngantuk nih, jadi bisa nemenin kakak sms an."
Bujug dah...
Pengen rasanya saya cuekin aja ni anak, silent hape, lalu tidur dengan pulas. Tapi ngga ah, saya ngga tega. Saya tahu rasanya dicuekin sama orang yang kita nggap sahabat. I know its hurts, dalem banget rasa sakitnya. Yah, mungkin si alay ini tidak menjadi sahabat yang baik untuk saya, nyebelin sih! Tapi itu ngga berarti saya harus menjadi sahabat yang buruk buat dia kan?
Seorang sahabat yang sangat saya hormati, pernah bilang gini sama saya : "ben..belajarlah menghargai niat baik sahabatmu, meskipun kamu sebenarnya ga terlalu suka dengan niat baiknya.Niat baik yang ngga dihargai bisa membuat seseorang kecewa, dan kekecewaan seperti itulah yang bikin banyak orang baik berubah. Lu ngga pengen mengubah sahabatmu sendiri jadi jahat kan?"
Absolutely right. Niat baik tetap niat baik, setidaknya teman alay saya satu ini melakukannya dengan niat baik : nemenin saya sms an malam-malam.Dan nyuekin sebuah niat baik, bukan tabiat pria sejati saudara (Hohoho...saya suka sebutan itu).
Jadi saya minum segelas air putih besar. Memanaskan otak dan men - start program penterjemah "alay text" di otak. And we go! Satu jam berlalu, melewati deretan smsnya yang panjang-panjang yang saya balas dengan dua atau tiga kata "saja" dan akhirnya..
uD4h N6ntk kk, Tdur dl y4..6 bk B6dn6 Th"
terjemahan : udah ngantuk kak, tidur dulu ya..ga baik begadang tuh
Saya sampai pengen sujud syukur.. Berakhir juga cobaan malam ini..dan saya lolos dari godaan menyakiti hati seorang teman yang berniat baik. Sungguh saudara, bertahan satu jam sms an dengan aneka huruf kreatif itu membuat saya pengen ngasih medali sama diri sendiri. Medali kesabaran dan ketabahan. Bangga juga sebenarnya.
Yah, ngga ada salahnya kan saya bangga, karena saya kali ini bisa berlaku sebagai manusia. Menghargai orang lain, biar dia alay, biar smsnya malam-malam, biar saya capek, biar saya sebenarnya jengkel. Tapi saya bangga, meski di tengah semua hal itu, saya ngga menuruti godaan hati saya untuk bersikap jahat dengan nyuekin dia. Biarpun sebenarnya jengkel banget.
Saya yakin, teman saya ini bukannya sengaja ngga nyadar isyarat saya kalau saya capek, ngantuk, dll. Tapi dia kan emang polos, masih lugu..banget. Orang polos itu derajatnya menurut saya beberapa tingkat di atas saya saudara, saya ini pinter dan cerdik saudara (ngga boleh protes! pendapat pribadi kok..). Tapi justru karena pinter dan cerdik itulah saya sering tergoda untuk bersikap munafik, lama-lama jadi munafik beneran.
Orang-orang polos itu mulia di hati saya. Mereka orang-orang pilihan Tuhan yang dipisahkan dari segala kesemrawutan dunia ini. Mereka pure, murni. Mereka marah saat marah, tertawa saat senang, bersyukur saat bersyukur, mereka ngga ngerti segala topeng yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Wajah yang tampak di muka mereka adalah wajah mereka yang sebenarnya, wajah mereka sendiri.
Dan menghadapi orang mulia seperti itu, saya ngga tega.. Menyakiti mereka, sungguh ngga sanggup hati saya untuk sengaja melakukannya. Kalau akibatnya saya jadi ngantuk sepanjang hari ,ya sudahlah.. Gapapa..
Dan pagi ini, di meja saya, ada segelas gede kopi yang di isi ulang berkali-kali sepanjang hari.
Senin, 28 Februari 2011 |
0
komentar




0 komentar:
Posting Komentar