Suit.. suit.. mu, membakar hatiku

"baru kali ini disuitin orang dan ngrasa luar biasa tersinggung.. Kok brani2nya segerombolan CS nyuitin pegawai? Apa krn pas ga pke nametag? Seharusnya kan mreka ga berani.. Kemana wibawaku? :( " (titis)

Titis ini adik kelas saya, yang juga bekerja sebagai pegawai di jakarta. Dan tulisan di atas adalah status facebooknya hari ini, yang ditulis dengan berapi-api, penuh luapan ungkapan kemarahan. Buset dah..cewek kok digodain ngamuk..bersyukur neng, bersyukur..

Respon saya ini langsung ditanggapi oleh teman kantor saya, sofi.

"ya iyalah tersinggung kak...cewek manapun kalau digodain kayak gitu pasti tersinggung, emangnya kita cewek murahan digodain dengan cara seperti itu!"

" lah...kok lu ikutan emosi?"

" iyalah!! omonganmu itu lho..bikin sebel. Pikirin dulu perasaan dia sebelum ngomentarin kan."


Lah..kok ikutan ngambek. Maksud saya itu, kalau ada cowok nggodain kamu berarti dia menganggap kamu layak digodain kan? Kan kalau seorang cewek dianggap layak digodain, berarti dia dianggap menarik. Coba pikir, ngga ada kan orang yang nyuitin nenek-nenek? Gue hanya hormat sama nenek-nenek, tapi ngga bakal tertarik.


Jadi ingat pernah ada beberapa cewek yang gue godain semuanya, kecuali satu orang, males banget gue godainnya. Entah kenapa ngga niat banget. Lama-lama karena merasa dicuekin, dia mancing biar digodain, lah..malah bikin tambah males kan cewek kayak gitu. Udah ngga menarik buat digodain, ngelunjak lagi beraninya mancing-mancing..cuekin aja anggap ngga ada, toh temen-temennya bikin gue lupa ada dia.

akhirnya dia cuma diem, ampe gue mau pulang, gue pamitin semua termasuk tu anak. Bujug, diceukin ganti, kayaknya tersinggung banget.

hahaha...meski emang kayaknya tuh cs emang kurang ajar, ngapain direspon dengan ngamuk sih..di satu sisi emang tu orang ngga tahu aturan dan harus dikasih pelajaran biar agak sopan dikit, tapi kan disisi yang lain bersyukur dong..ada yang masih mau godain. Mungkin di dunia ini ada orang yang seumur hidupnya hanya berharap ada cowok yang mau godain dia, sekaliiii aja.....

kasian banget yak...

Ya ngga?

Masalahnya seperti setiap hal, kita tuh selalu melihat sesuatu dari sisi jeleknya, jeleknya dan jeleknya. Ngga pernah kita lihat, bagusnya dulu apa aja ampe mentok ngga ada bagusnya lagi, nah..baru deh jeleknya apaan? Kita tuh selalu mikir apa sih yang ngga kita miliki dan apa sih yang orang lain ngga miliki.

Contohnya kayak gitu tuh, temen saya itu mikir kalau tuh gerombolan cleaning service "ngga punya" sopan santun kok berani nyuitin dia, apa dia "ngga punya" wibawa sebagai pegawai.

Coba dibalik, gerombolan CS itu "punya" keberanian juga ya nyuitin dia, kan kalau disuitin berarti dia "punya" daya tarik. Tapi biar berani, kurang ajar juga sih...kan seharusnya melihat wibawa yang "dia miliki" sebagai pegawai, mereka ngga bersikap gitu.

Nah, enakan yang mana coba? Cara pikir yang pertama apa yang kedua?

Yoi jek! Yang kedua emang lebih asoy..


Setidaknya sambil mikir "eh, gue menarik lho..eh, gue keren lohhh...eh, gue ini ternyata cakep lohhhh....kan disuitin.", emosi kita bakal berkurang. Kan susah mau bener-bener marah sambil ge-er, ya kagak tuh? Yang ada bukannya ngamuk, bisa-bisa kalau ngga ada orang dan lagi keingat hal itu, bisa bersemu merah tuh pipi.

Yah, memang mending ge-er ga jelas daripada bete ga jelas. Hahaha...

Tapi khusus buat bagian yang : "kan gue pegawai" itu. Yah, kenapa sih segala sesuatu yang dilakukan orang lain sama kita, disangkut-sangkutin sama status. Misalnya ada orang tua minta tolong dibawain barang belanjaannya, apa harus muncul di pikiran kita "kan gue pegawai kementerian keuangan nih...". Kalau ada cewek atau cowok yang naksir kita, lalu apa harus kita mikir "ah, pasti gara-gara gue pegawai kementerian keuangan nih..".

Emang ada sih orang-orang busuk yang mau berbuat sesuatu sama orang lain karena statusnya. Tapi yah, entah kenapa kupikir kalau kita berpikiran seperti itu, yang "kan gue pegawai.." saat itu juga kita udah jadi sama busuknya dengan mereka.

Buat titis misalnya baca ni tulisan :

Menurut gue mereka nyuitin lu cuma karena lu cewek. Dan karena lu cewek yang menarik. Udah.


Makassar, 18 Maret 2011

Tabah itu bikin kreatif

Kata teman saya alan, seperti apapun pasangan yang kita dapatkan nanti, pasti ada faedahnya (kayak barang aja, ber faedah).

"yang lu bilang itu mirip kayak kata socrates bro.. If you get a good wife, you'll become happy; if you get a bad one, you'll become a philosopher."

"Tapi gue ada istilah lain dolf.."

" apaan?"

" Pacar yang cakep akan membuat anda bersyukur setiap kali memandangnya, kalau pacar ngga cakep akan membuat anda semakin tabah dari hari ke hari"

Huahaha...emang agak sinting teman saya ini. Ya beginilah yang terjadi kalau sesama orang miring ngobrol ber jam-jam, ngelanturnya jadi parah banget. Tapi saya bener-bener ngga bisa bayangin bakal ada yang tega bilang begitu sama istrinya, misalnya si cowok tuh sedang ada masalah dan istrinya berusaha menghibur:

" yang tabah ya mas..masalah apapun pasti bisa diselesaikan kok.."

" gapapa dek, aku udah belajar tabah kok bertahun-tahun, sudah terlatih.."

" ??? "

" ya semenjak nikah sama kamu itu, tiap kali pulang kerja, lihat kamu yang..yang... yah, begitulah abang pasti langsung bilang dalam hati buat bersabar dan tabah..yah, emang rejekinya segini.."


Lalu suaminya dikutuk jadi batu kayak di tipi-tipi. (ini cerita suami durhaka atau malin kundang?)


Saya jadi ingat, dulu pernah ada seorang teman saya yang curhat di forum membolos bersama ( istilah bagi siswa-siswa sma saya yang sukanya sembunyi di belakang gedung aula sekolah, buat rokokan atau sekedar melepaskan kebosanan sejenak dari pelajaran di kelas). Sebut saja namanya bunga (tapi ingat, si bunga ini cowok lho ya..)

" gue bener-bener ngga tahan di rumah, nyokap bokap kerjanya berantem mulu tiap hari. Rasanya muak dan bosan, tapi gimana lagi..gue ga tahu harus pergi kemana. Rasanya berat banget hari-hari gue."

lalu teman saya yang lain ada yang nanggapin, sebut saja namanya Rian (bukan pembunuh berantai).

Rian : gue tahu perasaan lu bunga...dulu gue juga pernah merasa putus asa dan ngga betah dengan kenyataan, tapi gue bertahan dan gue semakin tabah sekarang. Setidaknya kita bisa menerima sesuatu dengan hati yang kokoh dan tidak terpatahkan, bunga..

bunga : apaan, rasanya hidup lu baik-baik aja..

rian : bener, keluarga gue baik, sekolah gue lancar, tapi lu lihat pacar gue (sambil nunjukin foto).

Si bunga terdiam sejenak, lalu tersenyum penuh pengertian.

Bunga : udah berapa lama bro?

rian : satu tahun..

bunga : yah, hidup itu emang harus dijalani dengan tabah ya bro..

Dan kami jadi bingung, harus ketawa atau ngasih tepuk tangan menyaksikan percakapan ini. Yang jelas dari kedua hal ini saya mengambil pelajaran bahwa semua hal itu emang ada positifnya. Bahkan juga untuk hal-hal yang membuat kita pengen menangis sambil guling-guling seperti anak kecil ngga dikasih permen sama mamanya.

Eh, tiba-tiba waktu itu si alan menoleh ke saya, "lu juga mau lihat bro?", katanya sambil ngasih foto.

" alamak jang......lu tabah bener lan..., pantesan jadi bijak lu belakangan ini, emang ketabahan itu mendekatkan kita sama Yang Maha Kuasa ya..semakin kita dekat, semakin kita dibukakan berbagai hikmat dan kebijaksanaan.."

alan : lu bener banget bro...tapi ngga cuma tambah bijak bro..

Gue : apaan lan?

alan : gue juga tambah romantis bro..sekarang gue sukanya candle light dinner

Gue : wow...

alan : kalau candle light kan remang-remang tuh...nah, itu dia. Kan kata orang bijak "orang yang buta lebih beruntung karena mereka tidak memilih pasangan berdasarkan kemolekannya", nah...kalau gelap-gelap kan sama aja setengah buta tuh..nah..

Saya ngga tega menuliskan lanjutannya. Mendengar itu entah saya harus terharu, ketawa, atau standing applouse, yang jelas saat itu saya cuma bengong.


Yang ketabahan memang bisa membuat kita jauh lebih bijak, ngga cuma bijak tapi juga lebih kreatif. Seperti yang dialami teman saya alan.

Tema Alam Semesta adalah Variasi

Dari dulu ampe sekarang nih, yang namanya adolf roben paling benci ama yang namanya upacara, apel pagi, apel siang, apel malam, dan sebagai-bagainya yang berhubungan dengan apel dan upacara. Kecuali apel pacar tentunya..

Soalnya nih, dari jaman saya masih makan es potong sampai sekarang tiap sabtu mengulum es krim magnum coklat yang berlapis tebal coklatnya, upacara tuh ya kayak gitu-gitu…mulu. Kagak ada variasinya! Bujubuneng…. orang aja bisa berevolusi dari monyet jadi manusia kata si darwin, lha kegiatan yang satu ini bener-bener ngga menerima sentuhan kreatifitas sama sekali kelihatannya.

Dulu saya pernah ngusulin sama guru SD saya, kenapa ngga sekali-sekali upacara itu diiringi pakai grup band pop atau pakai irama dangdut sekalian. Eh, bukannya dipuji, imajinasi saya yang kreatif ini malah dibilang menghina dan ngga menghormati “ke sakralan” upacara. Biyuh, sakral.. kayak keris aja di sakralin.

Lulus SMA, saya udah bernapas lega, eh kok begitu masuk kerja saya harus mengalami penyiksaan mental ini lagi. Tapi sekarang bukan berbentuk upacara (upacara mah cuma sekali setahun pas agustusan doang kayaknya), tapi berbentuk apel pagi, apel siang dan apel malam.

Sebagai panitia pelatihan pegawai, lha secara terpaksa saya juga harus mengikuti atau mengorganisir jalannya acara pelatihan dengan baik dan disiplin. Masalahnya salah satu program kedisiplinan, ya lewat apel tadi. Entah siapa yang awalnya punya ide kalau kedisiplinan bisa diukur dengan apel tepat waktu, saya kutuk jadi cakep seumur hidup orang itu beserta keturunannya tujuh turunan.

Nah malam ini pun sebenarnya saya harusnya mengadakan apel malam buat peserta pelatihan, tapi entah kenapa hati saya benar-benar sudah muak melihat orang berseragam berbaris ngga jelas mau ngapain, dengerin orang ngoceh kesana-kemari. Saya pun bilang sama ketuanya, “sstss….nih lembar absen, absenin aja gih semuanya, ngga usah apel kali ini, bosen gue lihat kalian baris.”

“beres pak!”

“sip!”

Emang gampang kok kerjasama dengan orang-orang yang udah didiplinkan ini. Lha disuruh baris ga jelas aja mau tuh, pokoknya nurut panitia toh.. Lha ini kan sama aja, tanda tangan ga jelas, pokok nurut panitia toh.. Nah, intinya sama aja kok, nurut aja deh..

Kan ini yang emang kita targetkan, membentuk orang-orang yang pintar, berkualitas, dan nurut-nurut. Kalau pintar dan ngga nurut kan bahaya..bisa menimbulkan masalah. Ya ngga? Ya ngga?

Yang njawab : “ya”, termasuk saya sendiri. Ya begitulah, gara-gara pemikiran kita yang kayak gini, pantesan peradaban kita jalan di tempat selama hampir satu abad ini.

Tema alam semesta adalah variasi, itu kata teman saya indri.

“tumben kalimat lu terasa keren ndri…”, kata saya dengan takjub. Biasanya dodol kok hari ini agak cerdas, saya jadi bertanya-tanya tadi teman saya ini sarapan apaan yak?

” iya dong….kan sarapan pisang, tiga biji lagi! hehehe..”, dan saya pun jadi ingat monyet.

Tapi bener juga lho…tema alam semesta adalah variasi. Segala sesuatu yang berubah itu bergerak, ngga ada yang jalan di tempat. Kalau ngga berubah-berubah, sebuah kehidupan bisa terancam mati. Buktinya dulu pernah ada teman saya yang pengen bunuh diri gara-gara nilainya ngga berubah-ubah, jelek mulu dari semester awal ampe mau lulus. Tapi jangan khawatir, ngga jadi bunuh diri kok.

Contoh lain, kalau misalnya bumi berhenti ber rotasi, itu artinya kiamat bukan? Yah, ngga kiamat sih, cuma makluk hidup pada mati aja.

Nah, itu dia..seperti semua hal di alam semesta, pemikiran dan kecerdasan juga harus terus bergerak, ngga boleh mandek di satu sisi atau satu hal saja. Untuk dapat bergerak, pikiran ngga boleh dikekang, apalagi dipolakan “nurut”, “nurut aja” dan “nurut aja”. Ya misalnya kayak upacara gini, kenapa sih ngga ada yang mempertanyakan, “buat apaan sih ni kegiatan?”
“buat melatih kedisiplinan diri”

–apa ngga ada jawaban lain?

“buat melatih jiwa korps”

– apa hubungannya jiwa korps sama upacara?

” kan kalau upacara dengan segala atribut korpsnya, membangkitkan kebanggan dalam diri seorang..”

– huilah, ribet! ngga ngerti gue dah.. lha kalau gue ngga bangga, gimana hayo..

” ya anda tak pecat!”

– ya udah, bangga aja deh..

Ya sudah, bangga deh bangga…Tapi tetap saya ngga suka sama upacara, apel dan semacamnya itu saudara.Pikiran dan pola pikir yang dibariskan seperti itu, ya menghasilkan orang-orang yang terpola. Lha orang-orang yang terpola kok disuruh merobak peradaban… huahahaha…makan tuh baris berbaris.

Huahaha...jepang kena tsunami.. :D

"huahaha...", kapalnya nabrak jembatan.
Itu kata orang disebelah kiri saya, waktu nonton berita tsunami jepang. Sebuah kalimat yang membuat saya seketika mengelus dada. Sebenarnya saya pun merasa kalau adegan kapal nabrak jembatan itu emang cukup lucu, tapi saya ngga sampai hati buat ngetawain.

Karena khawatir, saya pun buka facebook untuk mendapatkan berita terbaru dari beberapa teman saya yang ada di manado dan papua. Ternyata benar felling saya kalau facebook adalah media yang paling efektif buat memantau kondisi seperti ini, meskipun saya ngga habis pikir bagaimana bisa orang panik sempat-sempatnya update status, tapi ya..begitulah. Saya cukup lega dengan status teman-teman saya disana yang isinya, "lagi ngungsi ke tomohon, masih aman-aman tuh" dan berbagai status sejenis yang intinya mereka baik-baik saja.

Yah..buset, ada juga yang bikin status "semoga miyabi baik-baik saja".

Nyawa terancam pun masih sempat ngajak becanda, buset. Meski ada sedikit kecurigaan kalau kekahawatiran teman saya terhadap miyabi ini, beneran. Yah, prioritas nafsu sama nyawa emang kadang beda tipis kok, saya bisa mengerti itu.

"drrtt...drrtt....", huaaaa!!! Apa ini?? Gempa???
Oh, ngga dink.. Hape saya geter-geter, ada yang telpon.

"gimana sayang, disana ngga papa?" (mamah saya yang telpon)
" aman mah..makassar ngga kena kok.."
" oh, syukurlah..yang penting kamu ngga papa. Udah ya..pulsa mahal."

Bujug..kok ya masih ingat pulsa mahal. Tapi emang bener, yang penting udah tahu saya ngga papa kan? Selesai perkara, apaan yang mau ditanyakan lagi emangnya? Ngga ada kan? Masalah apakah manado, sulawesi utara, maluku utara, papua baik-baik saja, itu urusan belakangan kan?

Ke egoisan, itu emang kodrat manusia bung.. Kita ngga bisa hindari itu.

Dan kodrat itu yang saya jumpai di dunia maya kali ini, berulang-ulang kali. Terhampar di mata saya, status-status facebook berisikan doa untuk keselamatan pulaunya dan kotanya masing-masing, artis idolanya ( termasuk miyabi, sora aoi, reon kadena, udah ah, nanti ketahuan kalo saya apal artis jav, celakanya lagi kalau ditanya, lho kok bisa apal? Wah, mampus..susah jawabnya.)

Dan hal yang sama saya jumpai pada orang-orang yang awalnya saya anggap sangat religius, rajin ibadah,ngga pernah telat jamnya sembahyang,kuat apalan ayat-ayatnya,jenggot dipelihara, dan yang lain saya rasa ngga usah disebutin, ini bukan buat menydutkan siapapun kan? Tulisan ini saya buat hanya untuk bertanya kepada diri sendiri, dan mungkin juga buat bertanya kepada anda, kita mau intropeksi sedikit ngga dari hal ini?

Maaf, tapi kalimat yang saya dengar pertama-tama dari mereka adalah "untung makassar ngga kena..". Lalu yang paling lucu adalah ucapan yang keluar saat menonton rekaman tsunami jepang, "habis mereka tadi ngga jumat'an sih..hahaha..". Lucu, lucu, dan lucu sekali.

Mengingat kalau 2012 ada issue dunia kiamat, mungkin sebenarnya kiamat sudah dimulai dari sekarang. Bukan..bukan berbagai bencana itu yang mengambil kesimpulan. Buat saya, kiamat sesungguhnya akan terjadi saat kasih sudah ngga ada lagi di dunia.

Seseorang, yang dianggap nabi oleh sebuah keyakinan, dan Tuhan oleh keyakinan yang lain, dua ribu tahun lalu pernah berkata : Dasar dari semua hukum adalah, cintamu kepada Tuhan, dan cintamu kepada sesamamu manusia.

Mungkin anda dan saya bukan berasal dari keyakinan yang sama. Tapi saya mohon pikirkan ini, bahwa kalaupun kasih kepada sesama manusia ngga peduli apapun dan siapapun dia ngga pernah tercatat dalam kitab suci manapun, tidak tercatat sebagai perintah dari siapapun termasuk Tuhan, apakah anda, saudaraku yang sedang membaca ini tidak akan merasa kalau hal itu sesuatu yang benar untuk dilakukan?

Mungkin saya, akan berkata, itu benar. Itu benar terlepas dari kitab apa yang saya pegang, terlepas dari keyakinan apa yang saya anut, terlepas dari apa yang Tuhan saya perintahkan. Itu benar..dan benar..saat saya melihat ke dalam diri saya sendiri.

Hanya saja saya yang sering lupa, seberapa benarnya hal itu.

"mereka ngga jumat'an sih tadi..hahaha..", terngiang lagi di telinga saya. Seperti ada paku yang ditusuk-tusukkan di dada , dan saya hanya mengelus dada, pergi ke ruang kerja saya, dan mulai mengetik tulisan ini.


--Apa Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang kejam?
Mengingat segala kebaikanNya, rasanya jawabannya adalah : tidak..

Kita tidak kejam, hanya lupa seperti apa mulanya Tuhan menciptakan hati kita. Begitulah mungkin..saya juga ngga tahu pastinya..


makassar, 11-03-2011

Hey, I am a king

Salah satu cara terbaik untuk menjadikan diri orang hebat, adalah tidak memilih menjadi orang biasa-biasa saja. (arl)

“gue bukan siapa-siapa”, kata teman saya.

Yah, ngga salah sih kalimat itu menurut saya. Itu adalah tanda kerendahan hati, tapi maaf bagi yang tersinggung, menurut saya kerendahan hati hanya cocok dikenakan bagi orang-orang yang memang punya kelebihan. Kerendahan hati hanya cocok disandang oleh mereka yang memang hebat dan tinggi. Kalau yang mengucapkannya hanya orang rendah, maka dia ngga usah belajar rendah hati lagi, itu namanya menerima kenyataan.

Untaian kalimat yang terdengar sangat sombong? Ya kan?

Seorang teman saya pernah berkata, ” setiap orang dapat memilih akan menjadi apa? Mereka bisa memilih menjadi seorang budak, kalau mereka emang merasa sudah ditakdirkan menjadi seorang budak. Mereka bisa memilih menjadi seorang raja, bangsawan. kalau mereka menyadari sesuatu.

“apa?”

Kalau saja mereka menyadari bahwa, Tuhan menitipkan alam semesta kecil di dalam hati dan pikirannya.

Setiap raja memimpin sebuah kerajaan, sebuah istana yang indah, dan rakyat untuk disejahterakan dan dibuat bahagia. Mirip kan? Di dalam pikiran dan hati kita, ada alam semesta yang kita gerakkan, ada tubuh dalam wujud manusia yang akan dihargai lebih mahal bahkan dari istana emas sekalipun, ada diri sendiri yang memohon dibuat bahagia. Jadi apalagi yang kurang? Everyone is a king, if they want to be.

Kata seorang teman saya, Tuhan tidak pernah menetapkan seberapa rendahnya seseorang dibawahNya. Dia memberi pilihan kepada kita untuk menetapkannya sendiri. Dia mau semua orang bersujud di hadapanNya, tapi sebagai apa kita akan bersujud, itu pilihan kita sendiri.

Kita ngga bisa memilih kondisi kita boy..saya kadang terpaksa menerima bahwa saya adalah seorang pns, bahwa saya adalah keturunan campuran chinese, jawa dan bugis, saya ngga bisa memilih jumlah tabungan saya di bank, itu hukum alam bahwa kenyataan harus diubah melalui proses dan perjuangan. Tapi saya bisa memilih setiap saat, waktu saya menghadapi orang lain saya akan menghadapinya dengan hati sebesar apa.

“jadilah orang terhormat, kalau bisa dalam kekayaan, kalau bisa dalam kebesaran, pangkat dan jabatan. Tapi satu hal, jadilah orang terhormat selalu dalam hati dan pikiranmu, untuk terakhir ini tidak ada alasan “kalau bisa”. Jadilah kesatria dalam hatimu, jadilah besar dalam hatimu.”

Saat itulah kamu akan melakukan yang sebenarnya bernama rendah hati. Saat itu kamu bersujud sebagai seorang raja di hadapan TuhanMu, meletakkan mahkota dan semua lambang kebesaranmu rendah-rendah di hadapanNya, kamu akan menghormati sesamamu sebagai seorang raja menghormati sesamanya. Saat itu kamu akan melihat orang-orang yang terpuruk dan lemah bukan lagi sebagai orang yang lebih rendah, kamu akan melihat mereka sebagai raja-raja yang kehilangan tahtanya, kamu akan mengulurkan tangan dan berkata “tenang, ada aku. Mari kita kembalikan mahkotamu.”

Saat itu kamu hanya akan tertawa dalam hati saat orang-orang mengejekmu, saat orang-orang merendahkanmu, “orang-orang kasihan..sampai kapan kalian hanya melihat dunia tanpa hati”, begitu katamu sambil menahan senyum. Saat itu kalian akan berdiri tegak menghadapi cobaan dan berbagai godaan, ” I am strong boy, yes I am.. Lets God do what He want, and I do what I can.. “.

Saat ini, kalau kalian tanya, siapa saya?

Hey..man…I am a king.

Dan..siapa kamu?

baik itu, ngga harus ganteng

Hari ini saya semakin percaya kalau antara muka dan hati bukanlah hal yang sinkron kadang-kadang.

Teman sekantor saya, anak aceh. Mungkin mendengar kata aceh beberapa dari kita akan berpikir bahwa teman saya ini adalah anak yang alim, berjenggot dan sukanya memakai baju koko, saya dulu berpikir seperti itu. Saya sempat shock mendengar bahwa teman baru yang akan penempatan di makassar bersama saya adalah orang aceh. Sempat terlintas “wah, sekantor sama kyai nih…”, dan inilah yang terjadi, bahwa sangat tidak baik menilai seseorang terlalu awal karena kadang yang akan kita hadapi adalah kenyataan sebaliknya.

Pertama ketemu dia, wuih..berjenggot, berbulu, tapi kok pakai kaos ketat sama celana pendek? Eh, lho..kok manggilnya “gimana bro…siapa nama lu nih?”

Heisyah! Ngomongnya pakai “lu” dan “gue”, dan hebatnya lagi, dia bawa kartu remi!

“Gimana bro? mau main ngga nih..mumpung senggang..mumpung senggang…”, dan saya takjub dengan kenyataan bahwa kharakter orang aceh ini jauh dari bayangan saya. Di luar bahwa seharusnya dia alim karena bagaimanapun juga dia mantan juara tiga hapalan kitab se provinsi aceh, ternyata dia suka juga minum bir, malah kadang-kadang kalau lagi senggang sekali kami sempatkan minum bareng di pinggiran pantai sambil ngliatin cewek-cewek makassar yang modis dan seksi bersliweran bagai nyamuk.

Teman saya ini, badannya agak kekar kayak tukang bangunan, meski sedikit gendut sih semenjak di makassar. Dengan tambahan jenggot sama cambangnya yang menjulur dengan liarnya, dia jadi mirip preman pasar. Ngomongnya juga seringnya keras dan nyolot, cuek, pokoknya sering ngga enak di dengar deh. Penilaian saya setelah setahun berteman dengannya adalah, dia keras dan cuek.

Dan hari ini, saya sedikit ragu sama penilaian saya sendiri.

Tepat sore ini jam lima sore setelah absen kantor, tiba-tiba saja muncul ibu-ibu berpakaian formal yang menemui kami berdua dengan pakaian formal kantor. Karena saya masih ada urusan, saya permisi pergi ke ruangan saya di lantai dua. Lima belas menit kemudia saya lihat teman saya masih mendengarkan ibu-ibu itu bercerita sesuatu,entah apa dan masih berlanjut sampai setengah jam berlalu, dia naik ke atas meninggalkan ibu-ibu itu yang anehnya masih tetap dalam posisi bercerita seakan ngga sadar teman saya sudah naik ke lantai dua.

“lho…kenapa tu orang? aneh banget? kok malah ngomong sendiri di bawah?”

” ngga sadar ya lu?”

” apaan?”

” sinting tu orang bro…udah sering kok kesini.”

“hyahh! masak? lalu ngapain lu tadi dengarin sok serius gitu? hahaha…”

” ekspresinya itu lho, gue ga tega mau nyuekin.”

Kata mbak saya, orang yang benar-benar baik masih akan berbuat baik bahkan pada orang gila sekalipun. Dulu saya kira ini cuma kiasan saja, tapi ah..bisa terjadi beneran juga. Dengan ini saya sadar bahwa yang namanya orang baik ngga harus selalu tampil dalam wujud orang yang perhatian, yang bicaranya manis, yang sikapnya lemah lembut. Setidaknya, ngga semua orang baik tampil dalam wujud seperti itu.

Hari ini saya melihat seseorang dengan baju hitam, dengan nada bicara kasar, sikap cuek dan wajah angker, nyebelin, suka minum bir, yang mau mendengarkan waktunya untuk mendengarkan curhat orang gila selama setengah jam.

Dan bagi anda yang bilang kalau mungkin dia cuma iseng,

Saya yakinkan anda bahwa saya rasa tidak ada orang iseng yang akan mengatakan “gue ga tega nyuekin dia” dengan ekspresi setulus itu.

Makassar, 8-3-2011

Nyepi euy...

Kata teman saya, seorang dokter di bali, kalau hari raya nyepi seperti hari ini pasti di seluruh bali seakan tidak ada aktivitas. Pokoknya nyepi=sepi, katanya. Iseng-iseng saya searching di wikipedia, apaan sih nyepi itu? Dan ini yang saya temukan.

“Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan / kalender Saka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktifitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.
Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Buwana Alit (alam manusia / microcosmos) dan Buwana Agung/macrocosmos (alam semesta). “ (http://id.wikipedia.org/wiki/Nyepi)

Saya sedikit terharu membaca tujuan utamanya, menyucikan dunia, sesuatu yang “wow” buat saya. Berarti seperti tujuan idul fitri dan kelahiran isa almasih?
“bukan, bro!!! jangan disamakan!!”, kata teman saya saat saya iseng mengajukan pendapat saya ini padanya.
“eh, kenapa?”
“ soalnya beda! Pokoknya beda! Kan keyakinannya beda? Tuhannya beda!”
“ iya, tapi bukannya manusianya sama?”

Saya tuh suka ngga mudheng, ga ngerti, kenapa sih teman saya ngamuk sampai segitunya. Padahal kan saya cuma bilang kalau tujuannya “seperti” lho, saya ngga mengatakan kalau sama. Sama ngga mudhengnya seperti saat teman saya ini mengomentari aksi pemukulan FPI dengan kata “kok gitu sih...”, lalu mengatakan “sialan! Brengsek!” saat ada temannya yang dipukuli sama anak lain dari kompleks sebelah yang rata-rata penghuninya berbeda keyakinan dengannya. Banyak hal memang yang tidak saya mengerti tentang pikiran teman saya ini.
“kok gitu bro?”, iseng saya coba tanyakan.
“ ngga tahu. Reflek tuh..”, jawabnya.

Nah, dia aja ngga tahu tuh ternyata.. Beneran reflek kali yak?

Tapi bicara reflek, saya jadi ingat kata-kata seorang komikus amerika, scott mc loud. (itu loh, yang ngarang re inventing comic). Dia bilang kalau dunia ini seperti sebuah barisan orang-orang yang menuju ke suatu tempat, komikus yang baik..menemukan ide dengan keluar sejenak dari barisan dan melihat barisan itu, lalu melihat dirinya sendiri.
Ngerti?
Ngga? Waduh..

Maksudnya, kadang kita suka ngga sadar kalau diri kita itu sudah terprogram, oleh lingkungan, oleh keyakinan, oleh berbagai pengalaman, oleh berbagai hal lain yang saya sudah mulai bingung harus menyebutkan apalagi. Itulah yang menciptakan “reflek” semacam yang dialami teman saya tadi.
“Gue kok benci banget ya sama mereka...”
“ kenapa?”
“ entah sih..kayaknya karena...”

Kita penuh dengan “entah sih...” dan “kayaknya...”. Kita melakukan banyak hal berdasar apa yang kita “yakini”, tapi seberapa jauh sih kita yakin akan hal tersebut?
Di Indonesia, eksekusi mati, dilakukan oleh satu regu penembak jitu yang terdiri dari sekita lima sampai sepuluh orang (jumlah saya ngga tahu pasti). Dan dari sekian penembak, hanya satu yang senapannya benar-benar terisi peluru. Saya tanya, kenapa sih dibikin begitu?

Yak! Benar.. dibikin seperti itu agar ga ada yang benar-benar tahu tangan siapa sih yang udah membunuh si terpidana itu. Perasaan bersalah karena sudah membunuh atau menyakiti seseorang, itu sangat merusak mental saudara. Sekarang saya tanya, kenapa merusak mental? Hayoo..

Benar lagi. Rasa menyesal. Lalu kenapa anda bisa menyesal kalau anda benar-benar yakin kalau anda melakukan sesuatu yang benar?

--karena kita ga bisa menipu diri sendiri terus-terusan?
Salah! Kita bisa menipu diri terus-terusan kok, selama diri kita tidak tersadar.

Itulah yang dibilang Mc. Loud, “keluar dari barisan, melihat barisan itu, lalu melihat diri sendiri”. Momen-momen kita menjadi benar-benar objektif dan mendengarkan hati nurani, salah satu indikator purba yang ditinggalkan Tuhan agar kita ga selalu bertanya mulu, “kalau gini benar ngga Tuhan?”.

Seperti para veteran perang, yang bunuh diri karena merasa bersalah, atau yang jatuh pada narkoba untuk membuat diri mereka “ngga sadar” saat mereka tersadar. Hati nurani itu kejam saudara, dia hanya akan mengatakan kejujuran pada diri anda, kadang memang kata-kata yang paling kejam terasa adalah kata-kata yang benar-benar jujur kan? Dan sekali dia bebas dari kurungan, dia bisa ngoceh tak henti-hentinya, seakan sudah dihakimi sebelum sampai akhirat saja rasanya. (ini pengalaman pribadi loh.. :) )

H, sudah ngelanturnya. Kembali ke topik awal. Tentang nyepi, rasanya saya suka ide tentang menyendiri sejenak dan menghentika aktivitas, untuk menyucikan dunia dan alam semesta ini. Kan memang di dunia yang terlalu bising ini, agak susah memunculkan kesadaran-kesadaran yang saya bicarakan panjang dan lebar di atas tadi. Kita terlalu sibuk, atau menyibukkan diri biar ga sempat dihakimi sama hati nurani.

Mbok ya sekali-sekali bagus begitu...diam sejenak dan biarkan hati nurani ini bicara apa saja. Biar kita tahu kalau kita salah, biar kita tahu kalau kita udah melakukan berbagai hal buruk yang ngga mau kita sadari, biar kita sadar kalau kita ini manusia, biar kita sadar kalau untuk segala hal buruk yang kita lakukan, kita sendiri yang salah sepenuhnya..kan manusia punya plihan. Kita selalu bisa memilih mau membenci atau mencintai seseorang, ngga peduli apa yang sudah dilakukannya sama kita, kita bisa milih mau bersikap apa saat diri kita dilukai, kita bisa memilih mau berpikir seperti apa terhadap orang yang berbeda dengan kita. Kita selalu bisa memilih. Apapun.

Menyucikan hati sendiri, pikiran sendiri, lalu menyucikan diri sendiri. Dan mengenai menyucikan semesta, saya tidak menganggap itu sesuatu yang lebay kok.. emangnya apa sih yang ngga suci di semesta ini selain pikiran dan perbuatan manusia? Sebuah tempat disebut suci, karena orang-orang di dalamnya suci, kan?

Pikiran yang suci, membuat perbuatan-perbuatan yang suci, lalu perbuatan dan pikiran itu membuat pemiliknya menjadi suci. Orang-orang yang suci membuat dunia yang suci, dunia yang suci... ehm..lalu semesta?

Pokoknya, selamat hari nyepi bagi yang merayakan...
Makassar, 5 Maret 2011.

atasan gue bego, dolf


“Yang memungkinkan penguasa yang bijak serta jenderal yang baik untuk menyerang dan menguasai, dan mencapai semua hal diluar kemampuan orang biasa, adalah mengetahui lebih banyak”.

Sun Tzu, Art of war

Dari semua curhatan yang sering dikisahkan teman-teman saya secara rahasia dan terselubung,(*.*) hehehe.. yang paling sering saya dengar adalah : “ bos gue bego banget sih!! se-enak udelnya aja nyuruh-nyuruh, lalu hasilnya dikomplain, padahal dia sendiri aja kayaknya ga bisa ngerjainnya..”

Oh, oh..sepertinya saya harus menjelaskan dulu bahwa curhatan semacam itu tidak ada di kantor saya sendiri. Atasan saya, pinter dan ramah lho saudara. Yang paling penting sebenarnya ramahnya, ibaratnya kalau pun dia bukan siapa-siapa pun saya masih akan mau bantuin kerjaannya, karena saya suka sama orangnya. Kalau orangnya nyebelin kan pasti mikirnya, “coba lu bukan atasan gue, lu mau jatuh dari lantai tiga juga cuekin aja..”. Tapi ya ngga segitunya juga lah, jadi manusia ga boleh terlalu sadis kayak gitu lah.

Kadang-kadang saya bisa takut sama pikiran sendiri..

Yang jelas itu curhatan dari orang lain dan dari tempat kerja yang lain. Yang biasanya cuma saya tanggapi dengan santai : “udah, sabar aja.. Namanya juga anak buah emang tugasnya kan membantu dan memenuhi target yang ditetapkan atasan.”.

“Tapi dia bego banget dolf..”, pernah ada teman saya ngotot saking jengkelnya. Yah, mungkin lagi emosi aja sih.
“ huahaha...”, cuma itu respon saya.

Lha mau gimana lagi tho? Daripada bingung mau jawab apa kan mendingan ketawa aja. Lha wong memang lucu kok, segitunya ngotot pengen mem-bego-kan bosnya sendiri. Saya sih sebenernya terserah dia mau ngataian atasannya apaan, kan itu hak prerogratif mulut dan pikirannya sendiri. Lagian kalau mau dibilang salah siapa sampai si atasan itu di bego-begokan, atau di goblok-goblokan, saya pikir sih mungkin salah si atasan itu sendiri.

Lho...tapi kan mungkin teman saya yang sentimen aja..begitu kan pikir anda?

Tapi ga ada sentimen yang ga ada alasannya saudara. Memang sih, dalam pekerjaan seorang bawahan harus nurut sama instruksi atasan, ada peraturan dan etika yang mengikat. Tapi kadang kita suka ga sadar kan, kalau sebuah etika itu adalah sesuatu yang punya efek timbal balik. Kita diajarin kalau ngga baik salaman pakai tangan kiri, makanya kita juga berharap ngga ada orang yang minta salaman dengan kita pakai tangan kiri, ya ngga?

Seperti itu juga di kerjaan. Kita diajarin etika untuk menghormati atasan, tapi saudara..kadang kita ga sadar kalau dengan adanya etika tersebut maka kita jadi punya harapan bahwa atasan kita akan menghormati kita juga. Kecuali anda sudah sampai level sufi yang udah cuek bebek dengan repon dan tanggapan orang sama dia, “urusan gue cuma gue ama Tuhan dah..”. Tapi kalau belum, wajarlah..

Wajar kalau kita menuntut balik, “lu nyuruh gue ngerjain yang susah-susah kayak gini, lu sendiri bisa kagak?”. Wajar kalau kita jengkel, “lu nyuruh gue menghormatin lu, lu sendiri kagak ngormatin gue, kampret!”. Wajar kalau kita sedih, “udah capek-capek, udah dikerjain ulang tiga kali, masih disuruh ngulang lagi. Lu bilang kerjaan gue ga sesuai target perusahaan, its ok, masalahnya lu ngga bisa jelasin secara spesifik targetnya itu yang gimana! Dasar bego!”.

See..setiap etika dan tuntutan yang kita keluarkan, akan dikembalikan sama diri kita. Saat kita meminta sesuatu pada orang lain, kita akan diminta sesuatu juga. Saat kita menuntun, kita dituntut. Saat kita menilai, kita dinilai.

Hukum alam bro...hukum alam sista..udah psikologinya manusia seperti itu.

Dan itu artinya pernyataan teman-teman saya bahwa bosnya “bego”, mungkin benar dari sisi ini : bahwa mereka pemimpin, dan tugas seorang pemimpin adalah memimpin. Kalau dari segi ilmu secara riil mungkin manajemen. Bawahan dituntut lebih tahu dari atasan tentang pokok pekerjaannya, itu wajar. Tapi atasan meskipun ngga lebih tahu tentang pekerjaan itu (wajar, kan tugasnya mengolah hasil kerjaan, bukan mengerjakan) minimal dia dituntut tahu lebih banyak dalam bidang yang seharusnya dikerjakannya : memimpin.

Dan masalah memimpin berarti adalah masalah psikologi. Mereka harus sadar bahwa yang dipimpinnya adalah manusia, jadi mereka harus tahu lebih banyak mengenai psikologi manusia dan tetek bengeknya. Termasuk gimana caranya agar bawahan nyaman bekerja dan merasa dihargai, jadi mereka mau kerja maksimal dan mendukung kerjaan sepenuhnya.

Jadi kalau :
Bawahan ngga bisa kerja : bawahannya yang bego.
Bawahan ngga mau kerja maksimal : atasannya, bego.

Haha..Tapi lebih baik ngga ngomongin siapa yang bego lah.. Sebenarnya kan di dunia ini ga ada manusia yang pinter kalau menurut saya. Yang ada cuma orang yang lebih tahu. Saya tahu sesuatu, dia tahu lebih banyak, ada orang lain lagi yang tahu lebih banyak, yang tahu lebih banyak, yang lebih banyak, yang lebih banyak, yang lebih banyak..

Jadi kalau bego adalah sama dengan bodoh, bodoh sama dengan kurang tahu, kurang tahu sama dengan kurang mencari tahu, maka saya juga orang yang pantas dibilang bego. Kadang-kadang saya merasa sudah cukup tahu tentang sesuatu, makanya saya berhenti mencari tahu, makanya saya sampai pada kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut secara biasa-biasa saja. Kalau saja saya terus mencari tahu sampai pada batas “tahu” yang jauh melebihi pengetahuan orang lain, maka saya mungkin bisa mengerjakan sesuatu itu dengan hal yang luar biasa.

Dan punya kemampuan untuk mengerjakan sesuatu secara luar biasa, mungkin bisa mengubah hidup saya. Seperti kata sun tzu di ujung atas tulisan ini.

Masalahnya cuma untuk tahu lebih banyak. Saja.









disini, aku pernah menemukanmu

Ada satu tempat dimana waktu seakan berhenti. Bukan tempat indah dengan hamparan geranium dan lavender, yang akan membuatku terkantuk-kantuk ingin merebahkan diri. Bukan tempat gelap yang indah, dengan ribuan bintang terlihat dan semua di bawahnya tampak sama.

Disini, aku pernah menemukanmu.

06.00.
Perjalanku melewati pemukiman kumuh, dengan kumpulan rumah-rumahnya yang padat dan bau sampah yang menusuk dari tumpukan sampah yang tidak segera dibakar itu membuatku sedikit terganggu. Langkahku pelan, entah kenapa aku tidak ingin segera lari dari tempat ini.

Di dunia ini sesuatu yang ganjil akan segera terlihat. Disini aku pernah melihatmu. Muncul tiba-tiba dari sebuah rumah kecil bercat hijau berpagar besi pendek dan menggelengkan kepala, entah kenapa. Baju berantakan dan rambut acak-acakan, ah..belum mandi rupanya. Berjalan tergesa-gesa sambil menggenggam dua buku kecil. Melewatiku, dan segera duniaku terperangkap dalam sebuah kotak kecil. Harapan.

Waktu sekian lama berjalan. Dan dunia ikut tertawa bersama waktu yang kita genggam bersama.
Di berbagai tempat yang lain, aku menjadi sering melihatmu. Berjalan bersamaku tersenyum melewati kumpulan toko, rumah, gedung-gedung bertingkat dengan bau asap dari kendaraan yang lalu lalang. Ada di sebelahku mengulum sebatang es krim coklat, dengan cara aneh yang membuatku tertawa terbahak-bahak. Waktu kita benar-benar menjadi harapan.

Seandainya di dunia ini semua orang terus berada di tempat yang sama. Mungkin waktu juga akan berhenti disana. Tapi sepertinya tak seorangpun boleh menguasai suatu tempat untuk waktu yang lama. Waktupun berjalan dan kita berubah. Manusia menjadi jauh lebih lemah dari waktu.

Awan sedikit bergerak, beberapa lembar daun terjatuh, dan seseorang kembali bernafas di tempat ini. Duniaku kembali, dan melekat pada waktu yang terus berjalan maju. Terkadang aku rindu terperangkap di kotak kecil harapan itu lagi, di tempat itu kita menguasai waktu.

Kini aku berjalan maju, seperti waktu. Melewati tempat-tempat dimana aku pernah menggenggam tanganmu. Hanya sedikit berharap, dengan kemungkinan kecil, di bumi berputar, berbagai tempat yang luas, waktu kita sempat terhenti di tempat yang sama.

Meski aku tak akan menunggu. Seperti waktu, aku juga harus berjalan maju.

Aku berjalan lagi, melewati rumah kecil itu. Disini, waktu seakan pernah berhenti. Disini aku pernah menemukanmu.

Jakarta, dua tahun yang lalu.

About Me

Foto saya
hanya seorang pecinta sandal swallow warna hijau, yang gue pakai jalan-jalan ngga jelas kemana-mana mulai dari mall sampai restoran besar (sempat ngga boleh masuk, sialan!).

Pengikut Jejak

Penunjuk Sandal

Sandal ku Laku :)

Sandal Jepit Ku

Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow

Absen Sandal


ShoutMix chat widget
ADS
ADS
ADS
ADS
Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "